Pakai Obat Generik, Kenapa Tidak?

Stigma di masyarakat bahwa Obat generik itu tidak bergengsi, diragukan kemanfaatannya, dan kandungan zat aktifnya di bawah standar. Terlebih anggapan sebagian masyarakat obat generik itu hanya untuk orang miskin karena harganya yang murah.

Bisa saja masyarakat belum tahu tentang pengertian obat generik.

Pengertian obat generik yang dikutip dari laman Lentera Sehat menyebutkan bahwa obat generik adalah obat duplikat dari obat baru yang dikembangkan oleh industri farmasi, namun telah habis masa hak paten selama 15-20 tahun untuk memasarkan obat produknya, sehingga obat tersebut dapat diproduksi oleh semua perusahaan farmasi tanpa harus membayar royalti lagi.

Dengan demikian, obat generik itu duplikasi dari obat yang telah habis hak patennya sehingga terjamin khasiat dan efektivitas seperti halnya obat originatornya.

Kenapa obat generik lebih murah?

Industri farmasi yang memproduksi obat originator harus mengeluarkan biaya yang besar untuk melakukan riset atas penemuan dan khasiat obat. Misalkan melakukan uji pra klinik in vitro dan in vivo, uji coba pada hewan, atau pun uji klinis pada manusia yang umumnya melibatkan ratusan hingga ribuan subyek riset dan lain sebagainya.

Sedangkan industri farmasi yang memproduksi obat duplikat (obat generik) tidak perlu melakukan uji klinis sebagaimana yang telah dilakukan produsen obat originator sehingga biaya produksi obat lebih rendah.

Selain itu, Obat generik umumnya dijual dalam kemasan besar, sehingga tidak diperlukan biaya pengemasan. Obat generik juga tidak diiklankan atau dipromosikan sehingga tidak membutuhkan biaya promosi atau iklan.

Dan yang lebih penting, penggunaan obat generik oleh masyarakat merupakan program pemerintah RI, sehingga penekanan biaya produksinya akan mendapatkan dukungan penuh dari pemerintah. Dengan begitu, harga obat benar-benar dapat ditekan. Inilah yang menyebabkan harga obat generik jauh lebih murah.

Jadi memakai obat generik sama dengan memakai obat originator. Yang terpenting bukan harganya, tapi khasiatnya, bukan?

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar