Pentingnya Menjadi Seorang Mahasiswa Teladan

Ketika Anda menjadi seorang mahasiswa teladan dan berprestasi, ada banyak keuntungan yang akan didapat, mulai dari kemungkinan tawaran untuk menjadi seorang asisten dosen, tawaran beasiswa untuk jenjang pendidikan yang lebih tinggi, maupun tawaran penelitian yang dibiayai pemerintah. Ketika menjadi seorang mahasiswa yang sukses dan berprestasi tentu akan ada banyak perusahaan yang menawarkan pekerjaan. Berikut adalah beberapa tips untuk menjadi seorang mahasiswa yang populer, teladan, dan berprestasi.

Bergabung dengan BEM

Ketika Anda ingin menjadi seorang mahasiswa yang diteladani mahasiswa lain, cobalah bergabung dengan badan eksekutif mahasiswa yang umumnya merupakan kumpulan mahasiswa dengan pola pikir terbuka. Dengan bergabung dalam kepengurusan BEM, Anda akan memiliki wawasan yang luas dalam dunia politik kampus maupun sosialisasi dengan anggota BEM dari fakultas lain. Namun demikian, pada saat Anda bergabung menjadi anggota BEM, pastikan Anda mampu mengatur waktu belajar dan waktu sosialisasi yang dimiliki agar prestasi akademik tidak menurun. Jika kamu kuliah di jurusan akuntansi bisa juga mengetahui prospek kerja jurusan akuntansi

Bergabung dengan organisasi kemahasiswaan

Ketika Anda ingin menjadi individu yang berhasil dan memiliki hubungan sosial baik dengan sekitar, tidak ada salahnya bergabung dengan salah satu organisasi kemahasiswaan yang mendukung hobi maupun kemampuan pribadi. Sebagai contoh, saat di fakultas ada organisasi kemahasiswaan yang bergerak di bidang pecinta alam, tanaman, bahari, dan agronomi, Anda bisa memilih salah satu dari organisasi tersebut untuk menambah ilmu pengetahuan sekaligus menambah teman dengan hobi atau misi sejenis, serta menyalurkan hobi.

Duduk di depan setiap kuliah

Anda bisa menjadi seorang mahasiswa yang berprestasi dan diteladani teman-teman lain apabila Anda duduk selalu di depan saat kuliah. Hal ini karena duduk di depan akan memudahkan Anda dalam mencerna semua materi yang diajarkan dan membuat Anda lebih menguasai materi yang sedang dipelajari.

Berpikiran terbuka

Ketika Anda ingin menjadi seorang mahasiswa yang diteladani, pastikan untuk selalu berpikiran terbuka dan menjadi penengah dari teman-teman Anda yang mengalami masalah. Ketika Anda memiliki pemikiran yang cenderung terbuka, teman-teman Anda akan merasa nyaman setiap kali bersama Anda dan secara tidak langsung Anda akan dijadikan contoh oleh teman-teman.

Memiliki kelompok belajar

Ketika Anda ingin menjadi pribadi yang berprestasi dan diteladani mahasiswa lain, tidak ada salahnya memiliki kelompok belajar yang terdiri dari beberapa orang dengan penguasaan bidang berbeda. Selain bisa berbagi untuk memecahkan soal, kelompok belajar ini bisa melatih pribadi Anda untuk menjadi pribadi yang lebih baik karena kemampuan untuk memahami orang lain. Jika kamu kuliah di jurusan ekonomi, kamu juga harus mengetahui prospek kerja jurusan ekonomi loh nantinya

Beribadah tepat waktu

Sebagai individu yang memiliki agama, jangan lupa untuk selalu beribadah tepat waktu disela pembelajaran yang dilakukan di lingkungan kampus. Dengan menyediakan waktu untuk beribadah, Anda akan menjadi pribadi yang lebih tenang dan secara tidak langsung dijadikan contoh oleh mahasiswa lain.

Berprestasi dalam dunia akademis

Sebagai seorang mahasiswa, Anda pasti ingin diteladani karena prestasi akademis yang dimiliki. Oleh karena itu, selama menimba ilmu di universitas, jangan lupa untuk melakukan beberapa hal, seperti:

  • Mengumpulkan tugas kuliah tepat waktu
  • Mempersiapkan ujian dengan pengaturan waktu belajar yang baik dan mengumpulkan semua bahan materi ujian dari perpustakaan maupun catatan yang dimiliki.
  • Tidak mencontek saat mengerjakan ujian
  • Memiliki catatan yang lengkap untuk semua mata kuliah yang diikuti.

Dengan melakukan beberapa hal diatas, diharapkan Anda bisa menjadi seorang mahasiswa teladan yang berprestasi juga di bidang akademik.

Tinggalkan komentar