Penyebab Nyeri yang Tidak Tertahankan Ketika Sedang Haid

Sebagian besar wanita mengalami nyeri haid yang ringan dan tidak mengganggu, tapi ada lo yang mengalami nyeri haid tidak tertahankan sampai tidak bisa melakukan aktivitas seperti biasa. Pada awal masa menstruasi atau biasa disebut dismenore ini bisa dibedakan menjadi dua jenis yaitu dismenore primer dan dismenore sekunder.

Penyebab Kram Perut yang Tak Tertahankan Ketika Haid

Kamu perlu mengetahui cara mengatasi dismenore kram perut dengan baik dan benar supaya kenyamanan kamu tidak terganggu selama menstruasi. Berikut ini penyebab terjadinya kram perut saat haid, yaitu

1. Kondisi tubuh itu sendiri

Ada beberapa kondisi tubuh yang dapat memunculkan kram perut ketika menstruasi, yaitu seperti endometriosis, yaitu suatu kondisi dimana sel-sel endometrium yang seharusnya ada di dalam rahim tumbuh di luar rahim, misalnya di indung telur atau di saluran telur.

Kondisi yang kedua yaitu adenomiosis, yaitu jaringan dalam rahim yang tumbuh menembus otot dinding rahim. Kondisi yang ke 3 yaitu fibroid yaitu suatu tumor yang tidak bersifat kanker, pemakaian KB spiral lalu peradangan pada rongga panggul dan yang terakhir adalah stenosis leher rahim yang bisa menghambat keluarnya darah pada saat haid karena pembukaan pada leher rahim sangat sedikit.

2. Volume darah yang berlebihan

Bila volume darah haid berlebihan atau bila mengalami menstruasi pertama sebelum usia 11 tahun, mengalami obesitas belum pernah melahirkan, merokok atau sering mengkonsumsi minuman beralkohol juga menjadi penyebab kemunculan rasa nyeri pada perut saat haid.

Bagaimana cara mengatasi rasa nyeri saat menstruasi?

Bagaimana sih mengatasi nyeri haid yang paling mudah? Kebanyakan wanita akan mengkonsumsi obat pereda nyeri yang dijual bebas di pasaran. Selain itu nyeri perut juga bisa diatasi dengan beberapa cara id bawah ini:

  • Berbaring dengan posisi kaki lebih tinggi.
  • Mengkonsumsi minuman yang hangat.
  • Mengompres bagian perut yang sakit.
  • Mandi air hangat.
  • Mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin E, asam lemak omega-3, vitamin B1 B6 atau magnesium.
  • Rutin berolahraga menjaga berat badan tetap ideal.
  • Tidak merokok.
  • Hindari konsumsi minuman beralkohol.
  • Kurangi stres.

Nyeri haid yang normal muncul dari proses alamiah dalam tubuh pada saat menstruasi. Sedangkan rasa nyeri yang muncul akibat adanya gangguan dalam sistem reproduksi wanita bisa menyebabkan nyeri haid tidak tertahankan. Rasa nyerinya bisa muncul di awal dan berlangsung lebih lama daripada nyeri haid biasa. Cara paling mudah mengatasi nyeri haid yaitu dengan menggunakan ifree indonesia.

Tinggalkan komentar