Sifat Sifat Negara

Sifat-sifat negara merupakan sebuah perwujudan dari kedaulatan yang dimilikinya. Adapun Sifat-sifat dari negara ada 3 antara lain:

a. Monopoli
Negara mempunyai kekuasaan untuk mengatur rakyatnya, sehingga secara politik negara memegang peran penting dalam menentukan tujuan bersama dari warga negaranya.

b. Memaksa
Segala peraturan yang dikeluarkan oleh negara merupakan suatu kesepakatan dari warga negara yang ada didalam negara tersebut, sehingga peraturan yang sudah disepakati itu dapat dipaksakan oleh negara untuk diberlakukan. Apabila terdapat warga negara yang melanggar aturan tersebut, maka akan mendapatkan sanksi sesuai yang di tegaskan dalam peraturan tersebut.

c. Mencakup semua
Keberlakuan segala peraturan perundangan yang disepakati bersifat universal atau menyeluruh bagi seluruh warga negaranya. Hal ini bertujuan unik mewujudkan cita-cita nasional yang telah direncanakan oleh warga negara dalam negara tersebut.

Dengan adanya sifat-sifat negara, akan membentuk sebuah kedaulatan negara yang lebih kuat, baca juga pengertian negara menurut para ahli

Tinggalkan komentar