Sudah Tahu Apa Saja Perbedaan Despite dan In Spite Of?

Sebelum membahas lebih detail, apakah Anda sudah tahu poin perbedaan despite dan in spite of? Selama belajar bahasa Inggris Anda pasti pernah menemukan kalimat yang menggunakan frasa despite dan in spite of. Menariknya, dari struktur kalimat, kedua frasa ini tidak memiliki perbedaan yang khusus.

Apa Itu Despite dan In Spite Of?

Despite danĀ  in spite of adalah preposisi dalam bahasa Inggris yang mana dalam jika diartikan dalam bahasa Indonesia bermakna meskipun atau walaupun. Perbedaan despite dan in spite of sendiri pada konteks penggunaan kedua frasa ini dalam sebuah kalimat.

Biasanya penggunaan kata despite untuk menunjukkan kesan formal baik dalam percakapan lisan ataupun tulisan. Sementara penggunaan kata in spite of sendiri lebih jarang dan merujuk pada kesan casual seperti berbicara dengan orang terdekat.

Bagaimana Penggunaan Despite dan In Spite Of?

Kalimat dengan kata despite atau in spite of harus diikuti oleh kata benda atau noun, kata ganti atau pronoun, dan gerund. Sudah dijelaskan, bahwa kedua kata preposisi tersebut memiliki makna “meskipun” atau “walaupun” dalam bahasa Indonesia seperti contoh di bawah ini :

  • He got the dream job in spite of his past failure record.
  • He got the dream jon despite his past failure record.

Dari kedua contoh di atas, Anda bisa menggunakan kata despite dan in spite of pada kalimat yang sama. Namun yang perlu Anda perhatikan adalah kata despite tidak boleh diikuti of layaknya pada frasa in spite of.

  • In spite of being hungry, I eat some risotto anyway.
  • Despite being hungry, I eat some risotto anyway.

Berdasarkan teori, setelah kata despite dan in spite of, harus diikuti kata benda atau noun. Dengan begitu setiap kata kerja harus diubah dalam bentuk gerundĀ  atau ditambah -ing terlebih dahulu.

Apakah Anda masih kesulitan mengambil perbedaan despite dan in spite of dari beberapa contoh kalimat di atas? Yuk gabung program pelatihan bahasa Inggris secara online dari EF English Centers. Di sini Anda bebas mengambil kelas kursus sesuai kebutuhan. Segera detail info pendaftaran dari website resminya ef.co.id.