Tips Merawat Tas Kamera Berbahan Kanvas

Membawa kamera saat bepergian memang harus kamu perhatikan dengan baik. Beberapa maskapai penerbangan mungkin punya kebijakan tersendiri untuk penyimpanan barang-barang seperti kamera. Agar lebih nyaman, kamu bisa melihat info lengkap maskapai Batik Air dan merencanakan perjalanan.

Lebih aman kalau kamu menyimpan kamera di kabin. Kamu bisa menyimpan kamera di dalam tas berbahan kanvas. Selain aman, tas kanvas juga punya banyak desain yang trendi dan lebih mudah untuk dibersihkan.

1. Lakukan Pencucian Secara Rutin

Semakin sering digunakan, kamu juga harus lebih sering merawat tas kamera dengan teliti. Tas kamera berbahan kanvas yang berwarna cerah punya kecenderungan lebih cepat kotor. Nah, kalau sudah begini, pencuciannya harus dilakukan secara rutin. Meski tidak dipakai untuk setiap hari, usahakan tetap mencuci secara rutin setelah selesai digunakan.

2. Cuci Menggunakan Lap Berbahan Lembut

Bahan kain kanvas akan lebih sulit kering jika kamu langsung merendamnya di dalam deterjen. Nah, kamu cukup menggunakan kain lap yang dibasahi air dingin, lalu peras agar airnya tidak terlalu banyak. Celupkan lap basah tersebut ke dalam campuran sabun atau sampo bayi, lalu usapkan pada bagian yang kotor. Hindari penggunaan deterjen, terutama jika tas kamera kamu berwarna terang.

3. Hindari Sinar Matahari Langsung

Untuk mengeringkan tas, jangan langsung menjemur di bawah terik matahari. Seperti bahan lainnya, warna tas kamera dengan bahan kanvas juga akan lebih cepat pudar jika diletakkan tepat di bawah sinar matahari. Oleh karena itu, jemur tas di area yang terang dan panas, tetapi tidak langsung di bawah terik matahari.

4. Simpan di Tempat Kering

Penyimpanan tas kamera juga penting untuk diperhatikan. Masalahnya, tas kamera biasanya didesain dengan bantalan yang cukup tebal dan bisa berbau apak jika disimpan di tempat lembap. Nah, kamu harus meletakkan tas kamera di tempat yang benar-benar kering agar bagian tas tidak berjamur karena lembap. Simpan kapur barus atau silica gel untuk mengurangi potensi jamur di dalam tas.

5. Oleskan Lapisan Lilin

Setelah dicuci bersih, akan lebih sempurna jika tas kamera kamu bisa terlihat mengilap. Nah, cara untuk mengembalikan warnanya adalah dengan mengoleskan lapisan lilin (wax). Setiap dicuci menggunakan air, lapisan lilin pada tas kanvas akan semakin terkikis. Jadi, melapisi kembali lapisan lilin pada tas kamera kanvas kamu bisa jadi cara yang praktis untuk membuat tampilan tas tetap awet. Warna tas kamera kanvas kamu tidak akan terlihat kusam karena sudah dilapisi ulang.

Namun, cukup oleskan bagian luarnya saja ya.

Apakah selama ini kamu sudah merawat tas kamera kanvas dengan cara yang benar? Jika masih belum dilakukan dengan benar, sebaiknya segera aplikasikan tahap-tahap perawatan tas ini dengan teratur. Jadi, tas kamera kanvas kamu akan tetap awet dan tidak perlu berkali-kali beli yang baru deh.


Tinggalkan komentar