Virtual Office Jakarta untuk Bisnis, Perlukah?

Virtual office Jakarta – Kantor virtual ini menjadi upaya untuk mengurangi penggunaan lingkungan kantor secara fisik. Bahkan bagi beberapa bisnis online dan startup dengan adanya virtual office tersebut bisa menghemat modal dan juga biaya operasional, di sisi lain mereka tetap mendapatkan manfaat yang maksimal dengan penggunaan alamat domisili yang ditawarkan oleh penyedia jasa virtual tersebut disertai dengan fasilitas dan juga layanan penunjang lainnya.

Sebenarnya virtual office ini pertama kali diperkenalkan di Amerika Serikat pada tahun 1994. Sejak saat itu virtual office terkenal di seluruh dunia termasuk di Indonesia. Lambat laun peminatnya semakin meningkat terutama virtual office Jakarta, sehingga hal tersebut membuat banyak penyedia jasa kantor virtual bermunculan.

Perlukah Virtual Office Bagi Bisnis Anda?

Yang menjadi pertanyaan pemula yang ingin menggunakan jasa kantor virtual ini adalah perlukah bisnis mereka menggunakan jasa kantor virtual tersebut. Maka untuk menjawab pertanyaan tersebut adalah tergantung dengan bisnis seperti apa yang Anda jalani. Seperti yang dibahas sebelumnya bahwa tidak semua bisnis bisa menggunakan kantor virtual karena ada beberapa bisnis tersebut membutuhkan kantor fisik yang real untuk memudahkan operasional bisnis mereka.
Jika Anda menggeluti bisnis online atau startup maka Anda bisa menggunakan jasa kantor virtual ini.

Meski hanya sebuah startup tetap saja bisnis Anda tersebut membutuhkan legalitas agar banyak masyarakat yang percaya dengan bisnis yang Anda jalankan. Untuk bisnis yang berhubungan dengan konstruksi kantor virtual ini tidak cocok digunakan dikarenakan membutuhkan kantor fisik yang bisa digunakan untuk menyimpan alat-alat konstruksi.

Hal selanjutnya untuk menjawab penting atau tidaknya virtual office adalah budget yang dimiliki oleh bisnis Anda. Jika Anda memiliki budget atau modal yang terbatas maka Anda bisa memilih untuk menggunakan virtual office ini.

Sedangkan jika Anda memiliki budget atau modal yang cukup maka tidak ada salahnya Anda membangun kantor secara fisik. Hal selanjutnya yang bisa Anda pertimbangkan adalah intensitas pertemuan dari kantor Anda tersebut. Untuk startup atau bisnis online biasanya intensitas pertemuan tidak akan sesering dengan bisnis properti atau konstruksi.

Keuntungan Kantor Virtual

Ada beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika menggunakan penyedia jasa virtual office Jakarta. Secara spesifik ada beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan adalah pengurangan biaya operasional perusahaan seperti lokasi dan juga ruang tempat usaha, biaya peralatan kantor, dan juga gaji karyawan.

Keuntungan kantor virtual selanjutnya adalah menggunakan jaringan komunikasi formal dimana semua bentuk komunikasi yang terjadi di kantor virtual tersebut bisa tercatat secara formal, selanjutnya adalah rapat atau pertemuan akan bisa dilakukan melalui konferensi maupun video, dan dokumen tersebut bisa ditransmisikan melalui elektronik.

Keuntungan yang terakhir adalah kantor virtual itu akan bisa memberikan kesempatan maupun kemampuan bekerja bagi orang yang memiliki keterbatasan seperti disabilitas, dan memiliki tanggungan anak-anak kecil.

Demikianlah beberapa penjelasan tentang penting atau tidaknya menggunakan jasa virtual office Jakarta yang penting untuk diketahui, semoga informasi ini bermanfaat.

Tinggalkan komentar