Yang Perlu Diperhatikan Saat Membeli Motor Bekas

Jika sobat ingin membeli motor second di showroom, tampaknya harus tahu beberapa tips membeli motor bekas yang sudah kami rangkum dibawah, agar tidak tertipu. Mengingat barang bekas tentu saja kita tak tahu apa yang telah terjadi pada motor tersebut selama di gunakan oleh pemilik pertamanya.

Oleh sebab itu, tips membeli motor bekas menjadi pokok bahasan yang bisa dibilang cukup penting untuk diketahui dan dipelajari.

 

Tips Membeli Motor Bekas

Pilih Tipe Motor yang Akan Dibeli

Menentukan jenis motor, ini sangat penting dilakukan agar memudahkan anda dalam menemukan penjual yang tepat. Bisa motor sport, motor bebek, maupun motor matic.

Memilih Penjual yang Benar

Untuk menghindari tindak pidana seperti penipuan, sobat harus benar-benar memilih penjual yang tepat agar tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan. Untuk mencegah hal ini terjadi, kawan-kawan bisa mencari tahu identitas atau perilaku penjual motor misalkan melalui tetangganya, apakah dapat dipercaya atau tidak.

Ketahui Harga Pasaran Motor

Apabila sobat sudah tahu jenis motor apa yang ingin dibeli, langkah selanjutnya yaitu melakukan analisis atau pengecekan harga pasaran dari motor yang akan agan beli. Meski terbilang sepele, jika kamu tak mengetahui dengan baik, kemungkinan besar terjadinya tindak penipuan lebih besar.

Untuk mengetahui daftar harga motor bisa memvame di situs yamaha-motor.co.id

Periksa Secara Teliti Kelengkapan Surat Kendaraan

Sebelum terjadi transaksi anda harus lakukan pengecekan terhadap kelengkapan surat-surat motor, seperti BPKB dan STNK. Langkah ini wajib dilakukan untuk mengetahui kejelasan dari identitas motor tersebut apakah motor curian atau tidak. Mengingat, akhir-akhir ini banyak beredar berita pembegalan

Cek Nomor Rangka dan Nomor Mesin

Sebelum membeli motom bekas usahakan periksa secara teliti nomor rangka maupun nomor pada mesin. Sebab, jika nantinya memang ditemukan adanya kesalahan berupa ketidakcocokan antara nomor rangka atau nomor mesin dengan suratnya akan berakibat fatal jika hal itu terjadi, maka bisa dikatakan motor tersebut hasil dari curian.

Cek Keadaan Bodi Motor

Meski sepele, cara ini harus kamu lakukan untuk mengetahui apakah terjadi goresan, dan retak. Bila perlu sobat bisa menanyakan langsung kepada penjual apakah semua suku cadang masih asli atau tidak. Ingat, jika pernah diganti, pastikan kualitas suku cadangnya tersebut memiliki kualitas yang bagus.

Cek Fungsi Speedometer/Panel Indikator

Sobat juga harus melakukan pengecekan pada bagian panel indikator atau speedometer. Pastikan speedometer tr tersebut berjalan normal mengingat fungsinya yang cukup penting yaitu sebagai sumber informasi terkait kondisi motor saat dikendarai.

Perlu agan ketahui, motor yang masih sehat dan baik tentu memiliki speedometer, indikator bahan bakar atau bensin, indikator lampu, dan penghitung jarak masih berfungsi dengan baik.

Hidupkan Mesin

Untuk mengetahui apakah mesin dalam keadaan prima, sobat bisa menghidupkan mesin dan pastikan bahwa suara mesin berbunyi halus dan lembut tanpa di gas. Usahakan biarkan mesin tetap menyala setidaknya 10 menit, sebab ketika mesin dalam keadaan dingin suaranya sedikit lebih halus.

Cek dan Rasakan Perpindahan Giginya

Jika pengecekan suara mesin sudah selesai dilakukan, coba sobat gunakan jalan-jalan dan rasakan dengan teliti perpindahan gigi dari gigi 1 ke gigi 2, dan seterusnya apakah masih normal atau tidak.

Pastikan Sistem Kelistrikan Masih Berjalan Normal

Sobat juga harus memastikan kondisi kelistrikannya dalam keadaan normal. Sobat bisa memeriksanya dengan menyalakan lampu depan, lampu sein, lampu belakang, lampu rem, lampu panel, dan klakson. Selain itu, jangan lupa periksa tombol starter elektrik, apakah masih bekerja seperti semestinya atau malah tak bekerja sama sekali.

Sekian

Tinggalkan komentar