Apa Saja Elemen Brand Guideline yang Harus Ada untuk Membangun Bisnis Digital?

Jika ingin memiliki citra brand yang mudah diingat masyarakat, maka perlu trik jitu untuk mewujudkannya. Menerapkan elemen brand guideline pada bisnis digital Anda menjadi cara terampuh demi membentuk identitas sebuah merek. Sebab, pada dasarnya setiap merek memiliki pedoman terstruktur, sehingga proses branding menjadi lebih konsisten. 

Memahami Fungsi Brand Guideline

Desain brand guideline merupakan salah satu dokumen penting yang isinya berupa panduan serta aturan mengenai bagaimana merek tersaji ke masyarakat luas. Dokumen tersebut akan memberikan pedoman bagi pemilik bisnis dalam hal menyajikan merek, mulai dari tata huruf, desain logo hingga gaya berkomunikasi. 

Brand guideline template membantu pemilik bisnis memastikan terjadinya konsistensi merek di semua media sosial. Hal tersebut juga akan membentuk citra bahwa Anda atau perusahaan dapat mengelola bisnis secara profesional. 

Pada dokumen penting tersebut, pemilik perusahaan akan menjelaskan logo yang harus digunakan di berbagai media demi promosi brand. Tak hanya terpaku pada hal tersebut, gaya komunikasi yang digunakan untuk brand awareness harus konsisten, sehingga memiliki citra lebih kuat. 

Elemen Brand Guideline yang Wajib Ada

Hadirnya contoh brand guideline bermanfaat untuk memudahkan para desainer grafis, web developer hingga marketer memiliki pedoman yang sama. Berikut ini komponen-komponen yang wajib Anda hadirkan dalam dokumen yang akan digunakan sebagai pedoman brand:

  • Logo 

Elemen brand guideline pertama yaitu logo perusahaan. Demi memudahkan menggambarkan citra perusahaan maka perlu menyertakan visual logo yang spesifik. Adanya logo juga dapat menjabarkan penggunaannya secara tepat dan konsisten pada semua konteks.

  • Palet Warna

Adanya balet warna pada seluruh aset brand akan membantu memberi panduan pada saat proses pembuatan konten visual. Umumnya perusahaan akan menyertakan kode warna untuk memudahkan mengatur elemen pada logo, desain website, hingga iklan cetak.

  • Tipografi

Sedangkan elemen brand guideline berupa tipografi menyangkut font yang Anda gunakan pada konten website, link, hingga tagline. Adanya pedoman tersebut membantu menguraikan font primer serta sekunder. Selain itu juga sebagai pedoman saat penggabungan dengan berbagai gaya font berbeda. 

Tipografi nantinya akan mempengaruhi pengalaman pengguna saat mengakses website, sehingga membutuhkan pilihan font yang menarik secara visual.

  • Brand Voice

Brand voice sebagai elemen brand guideline mengacu pada kepribadian serta nada saat berkomunikasi. Pedoman dalam brad suara sangat membantu perusahaan dalam memfasilitasi penyajian konten yang lebih beragam. Panduan gaya suara tersebut demi memastikan terjadinya konsistensi baik untuk konten tertulis pada semua platform. 

Di era teknologi yang semakin canggih saat ini, perlu strategi khusus demi memenangkan persaingan. Terlebih lagi dengan banyaknya brand produk yang berkembang. Jika tidak bisa mengikuti perkembangan zaman akan tertinggal. Oleh karena itu, Anda membutuhkan penyedia jasa yang membantu mengurus bisnis online. 

Boleh Dicoba Digital telah memiliki lebih dari 800 klien demi memperkenalkan brand kepada masyarakat luas. Kepuasan pelanggan tidak terlepas pada keahlian tim profesional di dalamnya. Sudah banyak testimoni klien yang membuktikan bahwa BDD menjadi penyedia jasa pendukung bisnis online terpercaya.