Bolehkah Ibu Hamil Makan Pisang Kepok, Raja, Ambon, Emas

Selain menyegarkan, makan buah ketika masa kehamilan tentu sangat baik bagi kesehatan janin dan ibu hamil, sebab kebutuhan vitamin dan nutrisi akan tercukupi dengan baik.

Namun dibalik fakta tersebut, ternyata ada beberapa buah jika dikonsumsi justru menimbulkan efek buruk bagi ibu hamil serta janinnya loh.

Salah satu buah yang di larang dikonsumsi ialah buah yang mengandung gula terlalu tinggi, salah satu contohnya adalah buah pisang.

Makan buah saat masa hamil sebaiknya jangan yang mengandung karbohidrat tinggi, karena bisa menyebabkan kenaikan gula darah, dalam medis dikenal sebagai diabetes gestasional.

Meski dalam buah pisang terdapat kandungan potasium yang baik untuk kesehatan kesehatan, namun pisang juga mengandung karbohidrat yang cukup tinggi, sehingga dapat menyebabkan tingkat kadar gula darah dalam tubuh juga meningkat.

Jika diabetes gestasional terus berlanjut, dampak buruk tidak hanya dialami ibu hamil saja, melainkan juga akan berimbas pada kesehatan bayi dalam kandungan.

Berikut beberapa masalah yang kemungkinan bisa terjadi pada ibu yang mengalami diabetes gestasional, di antaranya:

  • Risiko melahirkan prematur.
  • Preeklampsia.
  • Melahirkan secara caesar.
  • Risiko melahirkan dengan alat bantu, misalnya dengan bantuan vakum, forcep, dan sebagainya.
  • Risiko robekan kulit lubang vagina (perineum) lebih besar bila melahirkan secara normal.
  • Infeksi selama kehamilan, misalnya keputihan atau infeksi pasca kehamilan.

Sementara itu, kondisi diabetes saat hamil juga dapat menyebabkan munculnya beberapa risiko pada janin, yaitu bayi dengan berat badan lahir rendah (BBLR), bayi lahir dengan ukuran besar, lahir prematur, keguguran, kematian bayi mendadak dalam kandungan (stillbirth), dan kecacatan atau ketidaksempurnaan pada bayi.

Note: hampir semua jenis buah pisang tidak boleh dikonsumsi ibu hamil secara berlebihan, terutama pisang ambon dan emas yang masih mentah.

    bolehkah ibu hamil makan pisang kepok, bolehkah bumil mkn pisang kepok

Tinggalkan komentar