Inilah Manfaat Jinten Hitam untuk Kecantikan Kulit

Habbatussauda atau yang lebih populer dengan nama jinten hitam memang menjadi salah satu bahan herbal yang sedang naik daun saat ini. Apalagi sejak banyaknya produk-produk skin care yang mengaplikasikan pemakaian bahan tersebut di dalamnya. Mengingat berdasarkan pengujian memang ada banyak sekali kandungan senyawa bermanfaat yang terdapat di dalamnya. Banyak yang mengenal manfaat jinten hitam ini hanya untuk kesehatan saja, padahal sebenarnya tidak, ada lebih banyak lagi manfaat lain yang ditawarkan olehnya.

Sebenarnya bahan yang satu ini mudah sekali dijumpai di pasaran. Umumnya ia banyak digunakan sebagai bahan untuk bumbu masakan. Banyak tumbuh di kawasan barat daya, Asia, Afrika dan juga Mediterania dan memang sudah sejak ribuan tahun yang lalu difungsikan sebagai tanaman obat. Khususnya banyak dibawa ke dalam negeri sejak masa awal perkembangan agama Islam. Setidaknya ada sekitar 15 jenis asam amino yang terkandung di dalam jinten hitam tersebut. Tak hanya itu ia juga banyak memiliki bahan aktif yang mampu untuk meningkatkan sistem imuns atau kekebalan tubuh.

Jika berbicara mengenai manfaatnya untuk kecantikan kulit ini sendiri tentunya sangat banyak, berikut yang patut diketahui:

  • Dapat menutrisi kulit, seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa bahan yang satu ini memang kaya akan kandungan antioksidan, vitamin E sampai dengan asam linoleat, semua senyawa tersebut berfungsi untuk menutrisi kulit. Bekerja di dalam menangkal radikal bebas pada kulit yang disebabkan oleh polusi sampai dengan pola hidup yang tidak sehat. Sehingga kulit lebih ternutrisi dan jadi tetap sehat.
  • Mengatasi kulit berminyak, bagi pemilik kulit berminyak pastinya merasa bahwa kulit sudah seperti penggorengan di siang hari, belum lagi masalah yang ditimbulkan karena jenis kulit berminyak semacam ini. ternyata khasiat dari jinten hitam ini juga mampu untuk mengurangi produksi minyak di kulit, sehingga membuat kondisi kulit lebih normal.
  • Membersihkan pori-pori, pori-pori kulit yang besar tentunya menjadi masalah tersendiri, karena bisa memicu polusi sampai dengan bakteri hidup disana hingga menyebabkan komedo sampai dengan jerawat. Tak perlu khawatir karena ternyata scrub dengan kandungan jinten hitam ini mampu untuk membersihkan hingga ke pori-pori terdalam bahkan juga membuat pori-pori lebih kecil.
  • Mencegah penuaan dini, seperti yang diketahui bahwa antioksidan yang ada dalam bahan herbal tersebut sangatlah tinggi, sehingga dapat menangkal radikal bebas dan juga cegah terjadinya penuaan dini. Sehingga nantinya kulit Anda akan lebih terlindungi dari kerutan yang dipicu oleh polusi.
  • Mengobati jerawat, jerawat memang jadi masalah kulit yang dialami oleh sebagian besar orang. Beberapa kandungan aktif yang terkandung di dalam habbatussuda ini ternyata dapat membantu mengobatinya. Pemakaian secara rutin akan membuat jerawat menjadi lebih cepat kempes.
  • Mencerahkan kulit, vitamin E yang cukup tinggi di dalam jinten hitam adalah senyawa yang mampu untuk mencerahkan kulit. Apalagi jika seandainya diaplikasikan secara langsung ke kulit wajah. Karena memang kandungan ini dapat meresap hingga ke bagian kulit terdalam.

Banyak bukan manfaat jinten hitam ini, bukan hal yang mustahil jika seandainya semakin banyak diantara merk-merk produk skin care ternama yang menggunakan ekstrak bahan tersebut di dalamnya. Apalagi bahan alami semacam ini memberikan efek yang lebih sehat pada kulit dan juga tidak memicu reaksi ketergantungan layaknya produk berbahan kimia.

Tinggalkan komentar