Pentingnya Promosi di Media Sosial Untuk Pelaku Usaha

Mengapa pelaku usaha wajib mengetahui manfaat promosi di media sosial untuk dagangan? Alasannya sebenarnya simpel, karena Indonesia merupakan salah satu negara dengan angka pengguna internet tertinggi.

Bahkan, dari hasil riset We Are Social diketahui, pengguna internet di Indonesia sekitar 175,4 juta orang dari semua penduduk. Hal ini berarti 6 dari 10 orang di Indonesia sudah aktif menggunakan internet.

Potensi Digital Marketing Melalui Promosi di Media Sosial

Dengan adanya pengguna internet di Indonesia, sudah jelas bahwa potensi digital marketing melalui pemanfaatan sosial media mempunyai peluang yang lebih besar.

Hal ini juga akan didukung dengan orang di Indonesia yang menghabiskan waktu untuk bercengkrama di dunia maya.

Dapat dikatakan, bahwa seperempat dari kehidupan masyarakat Indonesia dihabiskan untuk menggunakan internet.

Oleh karena itu, para pemilik bisnis perlu memanfaatkan sosial media sebagai promosi untuk meraih keuntungan yang lebih banyak.

Baik itu, halaman Facebook maupun Instagram dengan beberapa followers yang akan membantu Anda.

Salah satu hal yang penting dalam menggunakan sosial media adalah merespon atau menjawab komentar pengikut atau pelanggan.

Hal ini memang terkesan sederhana, namun dapat membawa dampak yang signifikan bagi kelangsungan bisnis Anda.

Faktanya, banyak sekali pebisnis yang mengabaikan hal ini. Padahal dengan memberikan tanggapan komentar ke followers bisa menentukan masa depan bisnis.

Tak menanggapi komentar media sosial, sama halnya mengabaikan para pelanggan. Sama halnya dengan Anda datang ke sebuah toko namun tak ada satupun pelayan toko yang melayani Anda.

Alasan Menanggapi Komentar Media Sosial Sangat Penting

Dibawah ini alasan mengapa Anda harus menanggapi komentar sebagai promosi di media sosial, yakni:

1. Pelanggan Dapat Membuat Engagement Naik

80 persen pelanggan akan melihat media sosial sebagai saluran yang membuat perusahaan terlihat lebih akuntabel.

Bahkan, hampir setengah dari responden mengaku sudah pernah menggunakan media sosial untuk menyampaikan pengaduan, pertanyaan, atau memberikan saran.

Dengan adanya komentar di media sosial, kemungkinan usaha Anda akan dilirik oleh pelanggan jauh lebih besar.

Sebab, pelanggan akan melihat seberapa banyak komentar positif yang diberikan oleh pelanggan lain untuk usaha Anda.

2. Menanggapi Media Sosial Dapat Memancing Pelanggan

Media sosial akan mengembalikan kekuatan ke tangan para pelanggan. Namun, tidak berarti bahwa publisitas negatif akan Anda terima melalui komentar media sosial.

Akan tetapi, Anda tetap bisa memiliki kekuatan untuk merubah negatif menjadi positif.

Apalagi ketika seorang pelanggan menyampaikan keluhan di media sosial bisnis Anda, semua akan tertuju pada Anda.

Seberapa bijak Anda bisa menangani keluhan pelanggan bisa menjadi umpan media sosial yang positif.

Jenis interaksi ini seperti ini bisa membantu Anda untuk memperoleh lebih banyak pelanggan setia dan menarik pelanggan baru.

Itu saja informasi terkait pentingnya kampanye di media sosial, semoga bisa menambah wawasan.