8 Tanaman Hias Terpopuler Yang Membuat Hunian Lebih Segar

Membudidayakan tanaman hias daun mampu memberikan kesan asri dan segar bagi suatu hunian. Bahkan tanaman satu ini lebih mudah dirawat dan dapat diletakkan di dalam hunian maupun di luar hunian sekalipun.

Keunikannya tersebut didapatkan dari karakteristik tampilannya yang memang ideal disimpan di dalam ruangan. Tanaman hias tampak lebih menarik berkat tampilannya yang memukau.

Kini sudah tersedia aneka ragam jenis tanaman hias daun yang bisa dipilih untuk menghiasi hunian kesayangan. Berikut rekomendasi daftar tanaman hias daun yang siap menghadirkan nuansa lebih asri dan tidak membosankan.

Daftar Tanaman Hias yang Membuat Hunian Lebih Segar

1. Lidah Mertua

Lidah Mertua termasuk tanaman hias populer yang banyak ditemukan di beberapa hunian pribadi. Terpilihnya lidah mertua sebagai tanaman yang mengisi hunian bukanlah tanpa alasan, namun karena keunikan pada bagian daunnya tampak memanjakan mata.

Daunnya tampak tumbuh ke atas dengan pola garis garis, serta memiliki aksen warna menguning di bagian pinggirnya. Tanaman berdaun unik ini pun dipercaya efektif mengurangi radisasi sekaligus polusi udara yang membuatnya semakin menarik untuk dimiliki.

2. Kuping Gajah

Tanaman hias daun populer pertama yang banyak dibudidayakan oleh masyarakat adalah kuping gajah. Disebut sebagai kuping gajah berkat ukuran daunnya yang lebar dan besar untuk sebuah tanaman hias pada umumnya.

Keunikan pada kontras warna daunnya inilah yang menjadi daya pikat utama mengapa tanaman ini ideal dijadikan sebagai hiasan di dalam hunian. Daunnya yang melebar pun tampak bergerombol yang berhasil memberikan kesan asri.

3. Daun Puring

Tanaman tidak selalu identik dengan warna hijau nan segar yang mampu memberikan kesan menyejukkan pada bagian daunnya, sebab beberapa diantaranya justru memiliki warna cerah nan mencolok seperti halnya yang dimiliki oleh Daun Puring.

Warna daunnya yang tampak kemerahan dan sedikit sentuhan warna ungu, berhasil berpadu cantik dengan warna hijau daunnya. Meletakkannya di taman depan rumah dijamin membuat hunian tampak lebih hidup dan berwarna.

4. Daun Monstera

Tanaman Daun Monstera disebut sebagai salah satu tanaman kekinian yang tengah populer dalam beberapa waktu belakangan. Keistimewaannya terletak pada bentuk daunnya yang khas karena terlihat seperti memiliki jari dan berongga.

Keunikannya inilah yang menjadikannya banyak diburu di pasaran, dan dijadikan sebagai dekorasi hunian modern masa kini untuk membangkitkan nuansa asri dan menyegarkan. Hunian pun terasa lebih hidup berkat kehadiran tanaman hias daun satu ini.

5. Lili Paris

Perawatan mudah dan mampu beradaptasi dengan lingkungan dianggap sebagai kelebihan sekaligus daya tarik yang dimiliki oleh Lili Paris. Berkat keunggulannya inilah tanaman ini dikatakan ideal sebagai tanaman hias daun outdoor maupun indoor.

Tanaman ini pun tidak akan memakan tempat terlalu banyak karena ukurannya yang mungil namun berhasil memberikan kesan menyegarkan. Umumnya Lili Paris banyak ditanam di dalam pot kecil ataupun dijadikan sebagai tanaman gantung.

6. Sri Rejeki

Sri Rejeki menambah daftar tanaman hias daun populer yang sejak dahulu sudah diandalkan. Ideal dijadikan hiasan di dalam ruangan, pasalnya tanaman ini tidak terlalu tahan jika harus terpapar sinar matahari langsung.

Bukan sekedar memberikan kesan asri dan menyegarkan, ternyata tanaman ini dipercaya mampu mendatangkan keberuntungan kepada sang pemiliknya yang membuat masyarakat berbondong bondong menjadikannya hiasan yang wajib ada di setiap hunian.

7. Sirih Gading

Sirih Gading masuk dalam daftar tanaman hias selanjutnya yang siap memanjakan mata. Tanaman dengan warna daun menyegarkan ini cukup mudah dirawat dan ditemukan di pasaran, sehingga tidak ada salahnya menjadikannya sebagai hiasan terbaik sepanjang masa.

Berbeda halnya dengan tanaman hias daun lainnya yang diletakkan di dalam pot bunga untuk tumbuh dan berkembang, justru Sirih Gading termasuk tanaman merambat sehingga sangat cocok menghiasi dinding atau bahkan dijadikan tanaman gantung.

8. Kadaka

Kadaka atau yang memiliki nama latin Aspienium Scorpio ini biasa dijadikan sebagai tanaman hias sebuah hunian, berkat kemampuannya untuk beradaptasi dengan lingkungan baru dan hanya membutuhkan perawatan sederhana saja.

Warna hijau pada daunnya yang tampak memanjang dan sedikit bergelombang di bagian pinggirnya terlihat cerah dan menyegarkan, sehingga tanaman ini dikatakan ideal sebagai dekorasi hunian agar memberikan nuansa baru.

Menghias rumah tidak selalu dilakukan dengan menambahkan furnitur ataupun pernah pernik lainnya, karena Anda bisa mengandalkan tanaman hias sebagai solusi cerdas agar tampilan hunian tidak membosankan.

Fungsi tanaman tersebut bukan hanya sebagai hiasan semata, sebab kehadirannya membuat hunian menjadi lebih asri sehingga penghuni merasa betah. Beruntungnya kini sudah banyak jenis tanaman hias populer yang siap memanjakan mata.

Contohnya saja seperti Daun Monstera, Kuping Gajah, Lili Paris, Lidah Mertua, Sri Rejeki, dan masih banyak jenis tanaman hias daun lainnya. Hanya dengan meletakkannya di dalam hunian dan ditata sedemikian rupa, dijamin mampu memberikan kesan menyejukkan.

Tanaman hias berkualitas bisa di dapatkan dari stand bunga yang telah lama berdiri dan memiliki koleksi cukup lengkap. Biasanya pemiliknya juga berprofesi sebagai jasa tukang taman. Seperti contoh stand bunga yang berada di Jl. Affandi No.197, Demangan, Kec. Gondokusuman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Ini merupakan potret cabang dari beberapa stand bunga miliki Garden Center yang merupakan pelaku bisnis di bidang tanaman hias dan landscaping selama berpuluh tahun.

Garden Center juga berperan sebagai jasa tukang taman jogja professional yang melayani pesanan tanaman hias sekaligus pembuatan landscape taman dengan kualitas kerja dan pelayanan yang baik.

Sekian info tanaman hias terpopuler dari kami, semoga ini bisa membantu Anda dalam memilih jenis tanaman hias untuk halaman rumah / Anda.

Tinggalkan komentar