4 Tips Mendaki Gunung Rinjani untuk Pemula

Gunung Rinjani merupakan salah satu gunung tertinggi di Indonesia dan kerap kali menjadi tujuan utama pendakian bagi para pecinta alam. Baik mereka yang sudah berpengalaman mendaki gunung ini, maupun mereka yang masih pemula. Berikut ini adalah tips mendaki Gunung Rinjani untuk pemula yang baru pertama kali mendaki gunung ini.

Memiliki pesona alam yang sangat indah Gunung Rinjani juga terkenal dengan fenomena matahari terbitnya. Tapi, dibalik keindahan gunung ini, siapa sangka jika Gunung Rinjani merupakan salah satu gunung tersulit untuk didaki.
Oleh karena itu, untuk mendaki gunung ini, bukan hanya stamina saja yang dibutuhkan namun juga pengalaman pendakian yang paling penting.

Mendaki Gunung Rinjani sendiri tidak cukup hanya memakan waktu sehari atau dua hari pendakian, tapi membutuhkan waktu hingga lima hari. Maka dari itu banyak persiapan yang harus dilakukan sebelum mendaki gunung ini. Mulai dari stamina hingga perlengkapan dan peralatan yang lengkap.

Bagaimana untuk pendaki pemula yang baru pertama kali ke Gunung Rinjani? Tenang saja, karena Anda masih bisa menyambangi gunung ini asalkan Anda melakukan persiapan yang matang seperti di bawah ini.

Mempersiapkan Fisik dan Mental yang Kuat

Gunung Rinjani merupakan salah satu gunung tertinggi di Indonesia, maka tak jarang banyak pendaki yang menantang dirinya untuk dapat menaklukkan gunung ini. Tentu saja selain karena pemandangan dan pesona alamnya yang indah, gunung ini menjadi tantangan tersendiri bagi para pecinta alam.

Apabila Anda baru pertama kali menjajaki gunung ini, jangan anggap remeh keberadaan gunung ini karena sebagai salah satu gunung tertinggi di Indonesia, Gunung Rinjani memiliki kesulitan yang cukup tinggi, terutama bagi pemula.

Persiapkan kondisi fisik dan mental Anda sebelum mendaki gunung ini merupakan tips pertama dan paling utama untuk dilakukan.

Mengetahui Kondisi Medan Pendakian

Sama halnya dengan beberapa gunung lain, Gunung Rinjani juga memiliki beberapa jalur pendakian yang bisa Anda pilih. Sebelum menginjakkan kaki di sana, ada baiknya jika Anda pelajari dulu kondisi dan medan pendakian.

Cari tahu jalur mana yang paling aman dan paling memungkinkan untuk Anda lewati bersama teman pendaki yang lain. Anda harus mengetahui sumber mata air yang akan digunakan untuk mengisi persediaan air selama mendaki.

Anda juga harus mencari tahu jalur pendakian lain yang direkomendasikan jika jalur pendakian yang Anda pilih ternyata mengalami masalah sehingga tidak bisa dilewati. Jangan lupa untuk mencari tahu informasi mengenai tempat yang dapat digunakan untuk camping dan beristirahat.

Agar dapat melakukan pendakian ke puncak Rinjani, istirahatlah dengan cukup dan tidurlah sebelum jam 7 malam.

Mempersiapkan Perlengkapan Pendakian dengan Matang

Bukanhanya stamina fisik dan mental yang wajib untuk Anda persiapkan. Namun, sebelum mendaki Gunung Rinjani pastikan Anda juga sudah mempersiapkan segala perlengkapan yang digunakan untuk pendakian.
Perlengkapan disini meliputi pakaian hangat, jaket anti air, sepatu khusus mendaki dan perlengkapan lainnya yang digunakan untuk camping. Jika Anda tidak memiliki peralatan maupun perlengkapan untuk mendaki, terdapat basecamp yang menyediakan peralatan dan perlengkapan untuk disewa.

Sebelum berangkat, pastikan Anda sudah memeriksa semua peralatan dan perlengkapan pendakian sudah dimasukkan ke dalam ransel agar tidak ada yang tertinggal. Pastinya Anda tidak ingin pendakian pertama kali di Gunung Rinjani menjadi gagal total karena persiapan yang kurang matang.

Istirahat yang Cukup, Jangan Langsung Mendaki

Biasanya para pendaki pemula memiliki kecenderungan tidak sabar pada saat tiba di basecamp dan ingin cepat-cepat mendaki Gunung Rinjani. Padahal hal ini tidak bisa Anda lakukan begitu saja karena medan Gunung Rinjani yang cukup sulit dengan jalur yang pendakian panjang.

Ditambah lagi Anda belum terbiasa dengan kondisi lingkungan yang ada di sekitar, membuat Anda harus beristirahat sejenak begitu sampai di Basecamp sebelum melanjutkan pendakian.

Luangkan waktu untuk beristirahat agar tubuh Anda terbiasa dengan kondisi lingkungan sekitar, apalagi jika Anda berasal dari luar kota. Perjalanan dari kota asal ke gunung Basecamp Gunung Rinjani pastinya sangat melelahkan.
Dengan beristirahat sebentar, stamina dan tenaga akan kembali berkumpul dan siap menaklukkan Gunung Rinjani. Bagi Anda yang baru pertama kali ke Gunung Rinjani dan masih pemula, pastikan untuk mempersiapkan diri dan semua peralatan serta perlengkapan yang dibutuhkan. Selengkapnya mengenai tips naik gunung untuk pemula dapat anda lihat di https://cekaja.com/info/tips-naik-gunung-untuk-pemula-agar-keselamatan-terjaga/

Tinggalkan komentar