Cara Mencuci Tangan Yang Benar Menurut DepKes

Mencuci tangan adalah proses melepaskan kotoran dan debris dari kulit tangan dengan menggunakan sabun dan air yang mengalir. Cuci tangan merupakan satu di antara kebiasaan baik yang perlu kita tanamkan sejak dini, sebab, kebiasaan ini sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh dan tentunya memberikan dampak terhindar dari serangan pepenyakit yang merugikan kita.

Meski terkadang, cuci tangan dianggap oleh sebagian orang merupakan hal yang sepele, hanya dengan menggosok tangan dengan air tanpa menggunakan sabun. Hal ini menyebabkan kuman yang menempel pada tangan tidak bisa bersih secara maksimal.

Nah, pada kesempatan kali ini rosyad.WEB.ID akan membaha tentang 3 hal, yaitu mengapa harus mencuci tangan? kapan waktu yang tepat untuk mencuci tangan? dan bagaimana cara mencuci tangan dengan benar? Berikut ini.

Mengapa harus mencuci tangan

Banyak masyarakat awam terutama yang tinggi di daerah pedesaan kurang memahami alasan mengapa harus mencuci tangan, karena minim nya pendidikan tentang kesehatan.

Menurut Departemen Kesehatan (Depkes), tangan adalah salah satu anggota tubuh yang paling sering digunakan untuk melakukan aktivitas sehari – hari, contoh kecil memasak, menyiapkan makanan, makan, minum. Nah, jika tangan kita kotor pastinya makanan tersebut akan terkontaminasi sehingga mengakibatkan kita lebih mudah sakit, oleh karena itu, cuci tangan merupakan suatu hal yang wajib kamu lakukan demi mendapatkan kesehatan dan mencegah munculnya penyakit, terutama ialah penyakit menular yang disebabkan oleh bakteri, kuman atau virus yang bersarang pada tangan yang kotor.

Beberapa jenis penyakit yang paling umum disebabkan karena malas mencuci tangan, sebagai berikut.

  • Diare
  • Pneumonia
  • Infeksi cacing
  • Infeksi mata
  • Penyakit kulit
  • Dll

Kapan waktu yang tepat mencuci tangan

Sebenarnya cuci tangan dapat kita lakukan kapan saja dan dimana saja kamu berada, namun yang umum digunakan sebagai patokan ialah ketika anda merasa tangan kotor, hal itu berbeda dengan waktu yang paling tepat untuk mencuci tangan, ialah ketika kita hendak menyiapkan makanan, buang air besar dan kecil, menggunakan pestisida / insektisida, memegang uang, memegang binatang, dan lain – lain.

Bagaimana cara mencuci tangan yang baik dan benar

Ada beberapa teknik mencuci tangan yang baik dan benar menurut para ahli yaitu dari Departemen Kesehatan Indonesia dan badan kesehatan dunia (WHO) sehingga dapat kita terapkan dalam kehidupan sehari hari atau juga bisa dijadikan kebiasaan.

6 Langkah cuci tangan yang benar menurut WHO beserta gambarnya terbaru

Langkah cuci tangan yang benar menurut WHO
Ayo jaga kesehatan dengan mencuci tangan

Menurut WHO mencuci tangan yang benar dibagi menjadi 6 langkah mudah. Di setiap langkah merupakan teknik jitu dalam memberantas bakteri yang menempel pada kulit tangan. Bahkan, teknik ini sudah dibuktikan oleh para peneliti dari Glasgow Caledonian Univesity di Skotlandia, dengan mengamati kurang lebih 42 dokter dan 78 perawat yang rajin membersihkan tangan menggunakan cairan antiseptik dengan tambahan alkohol setelah merawat pasien, dan hasilnya sangat efektif dibandingkan dengan mencuci tangan pada umumnya.

Penasaran? Berikut 6 langkah mencuci tangan yang baik dan benar menurut badan kesehatan dunia atau (WHO);

  1. Basuh telapak tangan sampai siku menggunakan air bersih yang mengalir, ambil sabun (usahakan sabun khusus cuci tangan) letak di telapak tangan dan ratakan.
  2. Letakkan telapak tangan kanan di atas punggung tangan kiri, gosok hingga ke sela – sela jari secara bergantian.
  3. Gosok kedua telapak tangan dan sela – sela jari.
  4. Jari tangan kanan di gosokkan pada telapak tangan kiri, dan sebaliknya dengan posisi saling mengunci.
  5. Ibu jari tangan kiri di gosokkan berputar pada genggaman tangan kanan dan ulangi sebaliknya.
  6. Gosok berputar ujung jari tangan kanan di telapak tangan kiri, dan ulangi sebaliknya.

Bagaimana, mudah kan? jika bingung ikuti saja seperti gambar di atas.

7 Langkah cuci tangan yang benar menurut DepKes beserta gambarnya

7 Langkah cuci tangan yang benar menurut DepKes beserta gambarnya
Cuci tangan menurut DepKes Indonesia

Selain teknik mencuci tangan versi WHO, Anda juga bisa memakai teknik cuci tangan yang sudah dianjurkan oleh Departemen Kesehatan Indonesia, anda bisa memilih salah satu yang anda sukai atau mungkin keduanya.

Sebenarnya teknik mencuci tangan ala WHO dan depkes hampir sama, jika di nilai dari segi kesempurnaan pastinya teknik menurut depkes lah yang lebih sempurna, sebab, teknik depkes ini merupakan pengembangan dari cara mencuci tangan menurut WHO.

Oke, gak oeperlu lama – lama biar anda tidak penasaran, berikut 7 langkah cuci tangan menurut DepKes Indonesia;

  1. Basuh telapak tangan sampai siku menggunakan air bersih yang mengalir, ambil sabun (usahakan sabun khusus cuci tangan) letak di kedua telapak tangan dan ratakan.
  2. Letakkan telapak tangan kanan di atas punggung tangan kiri, gosok hingga ke sela – sela jari secara bergantian.
  3. Gosok kedua telapak tangan dan sela – sela jari.
  4. Letakkan jari tangan kanan pada telapak tangan kiri dan letakkan jari tangan kiri pada telapak tangan kanan di posisi saling mengunci dan gosok beberapa kali.
  5. Ibu jari tangan kiri di gosokkan berputar pada genggaman tangan kanan dan ulangi sebaliknya.
  6. Gosok berputar ujung jari tangan kanan di telapak tangan kiri, dan ulangi sebaliknya.
  7. Terakhir, genggam pergelangan tangan kanan dengan tangan kiri kemudian gosok berputar, ulangi sebaliknya.

Bagaimana, mudah kan? jika bingung ikuti saja seperti gambar di atas.

Demikian itulah kedua cara mencuci tangan yang baik dan benar sesuai standar kesehatan, yang bisa kamu praktikan dan bila perlu dijadikan sebagai kebiasaan sehari – hari, semoga bermanfaat bagi anda semua.

Tinggalkan komentar