Cara Mengatasi Bibir Kering Dengan Gula

Bibir kering menjadi momok yang perlu diwaspadai setiap orang jika suhu cuaca tak menentu, karena dengan adanya bibir kering bisa memicu munculnya pecah pecah hingga mengelupas.

Jika kulit bibir kering tak segera diatasi dengan penanganan khusus dapat mengalami pengelupasan dan juga akan menimbulkan rasa yang tidak nyaman sehingga tak jarang dari kita melakukan tindakan mengelupas nya menggunakan tangan.

Namun, tindakan tersebut justru dapat mengakibatkan bibir Anda menjadi luka luka hingga menyebabkan berdarah, tentunya akan menimbulkan terasa perih bila bersentuhan dengan lidah dan makanan atau minuman yang hendak dikonsumsi.

Penyebab bibir kering dan pecah pecah bisa diakibatkan oleh diri kita sendiri (dari dalam tubuh) yaitu kekurangan cairan ataupun vitamin, sedangkan pengaruh dari luar yaitu cuaca ekstrem. Untuk mengatasi bibir kering yang disebabkan oleh kekurangan dapat diatasi dengan konsumsi air dan jus buah sebanyak mungkin.

Sedangkan, bibir kering disebabkan oleh faktor dari luar seperti cuaca ekstrem dapat diatasi dengan penggunaan masker bibir alami yang dapat kamu buat sendiri dirumah, salah satunya ialah menggunakan gula pasir.

Tahukah kamu mengapa gula pasir dapat digunakan untuk mengobati bibir kering dan pecah pecah? Bukan tanpa alasan, pasalnya kandungan mineral, kalori, karbohidrat, kalsium, fosfor, didalam gula dapat membantu melembabkan, mencerahkan dan memerahkan bibir secara alami tanpa efek samping.

Bagi anda yang ingin mencoba ramuan ini, bisa mengikuti tahapan-tahapan sesuai dengan aturan di bawah ini.

1. Gula saja

  • Siapkan 2 sdm gula pasir putih, 1sdt air panas dan wadah besi.
  • Campurkan kedua bahan dalam wadah, aduk dengan dipanaskan biar lebih cepat mencair dan kental.
  • Setelah mencair, biarkan hingga dingin.
  • Oleskan secara merata pada permukaan bibir, hingga mengering dan lakukan pengolesan sekali lagi.

Note: penggunaan masket gula ini bisa langsung digunakan beraktivitas.

Lakukan tips diatas 2x dalam sehari (pagi dan sore), minimal selama seminggu penuh guna mendapatkan hasil sesuai dengan keinginan.

Baca juga: cara mengatasi bibir kering dan panas

2. Gula merah dan petroleum jelly (vaselin)

Kandungan air dan minyak pada Petroleum jelly menjadikan ia sangat bagus digunakan sebagai masker pelembab bibir, dan terbilang aman tanpa menimbulkan efek samping berbahaya karena pembuatannya menggunakan bahan alami, pengguna petroleum jelly secara rutin dapat melembabkan bibir, membuat bibir lebih lembut dan lebih halus.

Jadi penggunaan gula merah bisa juga menggunakan gula pasir dan vaselin menjadi perpaduan yang bagus untuk dicoba.

  • Siapkan gula merah, vaselin dan wadah kecil.
  • Hancurkan gula merah secukupnya dan tambakan sedikit air panas agar cepat larut dan juga kental.
  • Jangan lupa tambahkan 1sdt vaselin kedalam cairan gula merah.
  • Aduk hingga tercampur merata.
  • Setelah itu, oleskan ramuan tersebut pada bibir secara merata dan juga tebal disertai pijatan kecil.

Lakukan tips diatas 2x dalam sehari (pagi dan sore), minimal selama seminggu penuh guna mendapatkan hasil sesuai dengan keinginan.

Baca juga: cara memerahkan bibir hitam secara alami

3. Gula Pasir dan minyak zaitun

Minyak zaitun adalah minyak paling banyak dimanfaatkan dalam keperluan medis, karena minyak yang satu itu mengandung lemak tak jenuh yang sangat tinggi seperti asam oleik dan polifenol, sehingga sangat baik untuk kesehatan.

Sedangkan…

Vitamin C berperan untuk mengangkat sel kulit mati pada bibir, vitamin A dan D berfungsi sebagai antioksidan yang melancarkan peredaran darah dalam bibir, dan kandungan mineral bermanfaat sebagai pelembab alami agar bibir lebih sehat, kenyal dan elastis.

Jadi, penggunaan antara kedua bahan ini menjadi perpaduan yang paling menakjubkan.

  • Siapkan minyak zaitun, gula dan wadah kecil.
  • Taruh 2sdm gula dan 1sdm minyak zaitun pada wadah kecil.
  • Aduk hingga tercampur merata.
  • Setelah itu, oleskan ramuan tersebut pada bibir secara merata dan juga tebal disertai pijatan kecil.

Lakukan tips diatas 2x dalam sehari (pagi dan sore), minimal selama seminggu penuh guna mendapatkan hasil sesuai dengan keinginan.

Sebagai tambahan, Anda juga perlu membaca cara mengatasi bibir kering dengan madu yang sudah saya tulis pada kesempatan sebelumnya guna menambah wawasan anda.

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan, bila ada kekurangan atau anda memiliki pengalaman bisa tambahkan melalui kolom komentar di bawah, semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda, selamat mencoba.

Tinggalkan komentar