Cara Mengatasi Bibir Kering dan Pecah-Pecah Secara Alami Dengan Cepat

Bibir merupakan salah satu bagian wajah yang sering mendapatkan perhatian lebih ketika Anda berhadapan atau berbicara dengan teman atau sebangsanya. Maka dari itu, dengan memiliki bibir indah, cerah dan elastis akan menambah kepercayaan diri, sehingga aktivitas anda berjalan secara optimal tanpa gangguan. Namun berbanding sebaliknya, apabila bibir Anda mengalami masalah seperti bibir kering dan pecah-pecah, hal itu justru akan menurunkan rasa percaya diri sehingga aktivitas Anda kurang optimal.

Pada dasarnya, kulit bibir berbeda dengan kulit pada bagian tubuh lainnya, pasalnya di dalam bibir tidak memiliki kelenjar minyak, sehingga kulit terluar pada bibir sangat rentan mengalami masalah kekeringan.

Jika masalah bibir kering tidak segera diatasi, akan memicu masalah baru yang lebih parah seperti kulit bibir pecah-pecah, lalu mengelupas terjadi luka-luka dan akhirnya berdarah.

Penyebab Bibir Kering

Ada berbagai faktor yang menyebabkan munculnya masalah bibir kering dan pecah-pecah, diantaranya ialah :

1. Dehidrasi
Apabila tubuh kekurangan cairan, bagian tubuh paling rentan adalah bibir, hal itu dikarenakan didalam bibir tidak terdapat kelenjar, sehingga suhu panas tidak dapat di minimalisir dengan sendirinya, diperlukan bantuan dengan meminum air. Kondisi ini paling sering terjadi ketika kita menjalankan puasa atau kondisi cuaca ekstrem.

2.Merokok
Bukan tanpa alasan, merokok dapat menyebabkan kulit bibir lebih cepat kering, pasalnya saat Anda melakukan aktivitas merokok nikotin akan menempel pada bibir dan suhu panas yang dihasilkan oleh rokok akan meningkat drastis. Aktivitas ini tak hanya menyebabkan kulit bibir mengering, melainkan juga dapat menghitamkan kulit bibir. Ole karena itu, hentikan kebiasaan merokok dari sekarang, sebelum rokok menghentikanmu!

3. Terkena Paparan Sinar Matahari
Terlalu sering terpapar sinar matahari atau sinar Ultraviolet dapat membuat kulit bibir Anda kehilangan kelembaban, sehingga berdampak pada mengeringnya kulit bibir.

4. Menjilat bibir
Hentikan kebiasaan ini.! Bukan tanpa alasan, air liur mengandung emzim atau asam yang berfungsi menghancurkan makanan, apabila air liur berpindah dari mulut ke bibir akan merusak lapisan kulit bibir dan menghilangkan kelembaban alaminya.

5. Menggigit bibir
Sama halnya dengan menjilat bibir, kebiasaan menggigit bibir dapat menyebabkan iritasi yang berdampak pada lapisan bibir terkoyak, retak, bahkan hingga berdarah.

6. Minum terlalu banyak alkohol
Konsumsi alkohol secara berlebihan dapat mengganggu proses penyerapan vitamin yang mengakibatkan tubuh Anda tidak bisa memenuhi asupan vitamin dan nutrisi yang cukup ke dalam bibir.

7. Makanan asin atau pedas
Kurangi konsumsi makanan terlalu asin dan pedas, pasalnya makanan yang mengandung kadar garam yang tinggi dapat mengiritasi lapisan kulit bibir dan menyebabkan peradangan, begitu pula dengan konsumsi makanan terlalu pedas.
Disarankan, perbanyak konsumsi buah dan sayur yang bisa mengembalikan keseimbangan pH tubuh.

8. Konsumsi obat-obatan
Beberapa jenis obat-obatan dapat meningkatkan risiko bibir pecah, seperti:

  • Suplemen vitamin A
  • Retinoid (Retin-A, Differin)
  • Lithium – obat-obatan gangguan bipolar
  • Obat-obatan kemoterapi
  • Obat anti-jerawat isotretinoin, atau Accutane

Cara Mengatasi Bibir Kering Secara Alami

Keuntungan menggunakan bahan alami sebagai alternatif mengatasi bibir kering dan pecah-pecah selain murah, juga aman tanpa efek samping meski digunakan disegala usia, baik wanita ataupun pria.

1. Madu dan Vaseline

Siapa siha yang tak megatahui manfaat madu? madu memiliki kandungan anti bakteri, mineral, dan nutrisi yang menjadikan madu sebagian penyembu terbaik, dan paling efektif dalam menjaga kelembaban kulit.

Sedangkan…

Vaseline atau petroleum jelly berguna untuk melembutkan, menyehatkan dan melindungi kulit dari kekeringan. Sehingga perpaduan kedua bahan ini akan menjadikan ramuan terbaik dalam mengatasi masalah kering dan pecah-pecah.

  • Cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah dengan madu:
  • Terapkan madu murni pada seluruh permukaan bibir.
  • Kemudian lapisi bibir dengan Vaseline dan biarkan selama 10-15 menit. Bibir akan menyerap madu yang memiliki efek melunakkan. Coating vaseline akan memberikan hidrasi tambahan dan mencegah pengeringan.
  • Setelah 15 menit, usap madu dan vaseline menggunakan kain katun basah.
    Ulangi prosedur ini selama seminggu untuk hasil yang memuaskan.

2. Mentimun

Apa kamu tidak tahu? Kandungan Mineral dan air yang tinggi menjadikan sayuran ini mampu menyegarkan bibir selama musim panas. Mentimun juga memiliki sifat pencerah kulit, selain dapat mangatasi masalah bibir kering dan pecah-pecah juga mampu mencerahkan bibir dengan mengurangi bercak-bercak hitam pada bibir.

Cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah dengan mentimun:

  • Iris mentimun dan gosok dengan lembut pada bibir.
  • Diamkan selama 15 menit dan cuci dengan air biasa.
  • Hal ini akan membuat bibir lembut dan lentur terhindar dari kekeringan.

3. Scrub Bibir

Kita bisa mengatasi maslah bibir kering dan pecah-pecah dengan menggosok bibir menggunakan scrub gula, hal ini bertujuan agar sel-sel kulit mati pada bibir mengelupas dan diganti dengan sel-sel kulit baru yang sehat.

Cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah dengan scrub gula:

  • Sediakan 2 sendok teh gula pasir, aduk dengan beberapa tetes minyak zaitun.
  • Kemudian tambahkan ½ sendok teh madu dan aduk rata.
  • Biarkan campuran ini selama 5 menit, sehingga gula menjadi lebih lembut.
  • Setelah itu, terapkan seluruhnya bibir dan gosoklah secara lembut.
  • Cuci dengan air hangat.

4. Cream Lemon 

Cream lemon dan madu bisa dijadikan alternatif pengobatan untuk mengatasi bibir gelap, kering dan pecah-pecah.
Pasalnya lemon bertindak sebagai pemutih alami. Sedangkan… Madu berguna dalam melindungi bibir dari radikal bebas.

Cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah dengan lemon:

  • Campurkan 1 sendok teh jus lemon dan madu.
  • Tambahkan ½ sendok teh minyak jarak dan aduk rata.
  • Terapkan pada bibir sebelum tidur setiap hari.
  • Ulangi prosedur ini selama 10 hari untuk hasil terbaik.

5. Lidah Buaya

Siapa yang tak kenal dengan Aloe vera atau lidah buaya, tanaman kaya akan berbagai manfaat untuk kesehatan dan kecantikan? Tanaman ini mengandung unsur-unsur alami yang bermanfaat dalam mengatasi masalah bibir kering dan pecah-pecah.
Cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah dengan lidah buaya: Oleskan gel lidah buaya pada bibir sebelum tidur secara teratur, seketika Anda akan merasakan efek dingin dan menyejukkan.

6. Minyak zaitun

Minyak zaitun adalah pelembab sekaligus pelumas alami terbaik untuk bibir. Bialan tanpa alasan, pasalnya kandungan Asam lemak dalam minyak zaitun dapat membantu mengobati bibir kering dan pecah-pecah, sekaligus membuat bibir menjadi lembut dan elastis.
Cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah dengan minyak zaitun: Cukup oleskan minyak zaitun secukupnya pada bibir dua kali sehari.

Jika masalah bibir kering dan pecah-pecah yang tidak sedang Anda derita tidak kunjung teratasi, hubungi dokter, karena pada kasus seperti ini tak jarang bibir pecah-pecah juga bisa disebabkan oleh penyakit tertentu.

Tinggalkan komentar