Kendala Utama Dalam Memulai Bisnis Berbasis Online

Bisnis online kini mulai dilirik oleh berbagai kalangan, terlebih pada kalangan pemuda (kaum milenial) yang kesehariannya tidak pernah lepas dari smart phone.

Tak heran, karena biaya yang diperlukan untuk menjalankan bisnis ini lebih ringan tapi dengan jangkauan pemasaran yang lebih luas dibandingkan dengan bisnis konvesional (bisnis offline).

Bayangkan saja…

Dari segi biaya, jika kita akan menjalankan bisnis konvensional, paling tidak kita harus mempunyai lokasi/tempat yang biaya sewanya bisa sampai jutaan bahkan puluhan juta. Sedangkan di bisnis online, kita bahkan bisa menjalankannya hanya dengan menggunakan smartphone yang terhubung dengan internet tanpa harus mempunyai tempat/lokasi.

Dari segi jangkauan pemasaran, jika bisnis konvensional hanya bisa menjangkau lokasi yang berdekatan dengan lokasi bisnis kita, sedangkan di bisnis online kita bisa menjangkau pasar nasional bahkan internasional.

Bisnis online sendiri merupakan usaha yang dilakukan melalui media elektronik seperti komputer, laptop, tablet dan smatphone yang terhubung dengan internet.

Banyak orang yang menjadikannya bisnis ini sebagai bisnis sampingan, tapi tak sedikit pula yang menjadikannya sebagai bisnis utama.

Meskipun banyak yang beranggapan bahwa bisnis online itu mudah (karena bisa dikerjakan kapanpun & dimanapun), nyatanya tidak semua orang bisa berhasil menjalankannya.

Ada banyak hal yang membuat orang-orang belum berhasil dalam menjalankan bisnis ini dan berikut ini adalah beberapa kendala yang menjadi penghalang banyak orang untuk meraih kesuskesan di bisnis online.

  1. Tidak Percaya Diri

Jika kita tidak percaya pada diri sendiri, bagaimana bisa orang lain bisa percaya pada kita? Jika orang lain tidak percaya kepada kita, bagaimana bisa kita mendapatkan rekan bisnis, investor, konsumen daln lain sebagainya?

Maka mempunyai kepercayaan diri yang tinggi itu sangat penting jika kita ingin menjalankan bisnis online (sebenarnya bisnis apapun).

  1. Pengetahuan Yang Kurang

Jika jualan bisa diibaratkan sebagai grobak, maka bisnis bisa diibaratkan sebagai helikopter.

Semua orang bisa mendorong grobak (berjualan), tapi tidak semua orang bisa menerbangkan helikopter (bisnis).

Karena untuk menerbangkan helikopter itu ada ilmunya, hanya pilot-pilot yang sudah terlatih saja yang bisa menerbangkannya.

Begitu juga dengan bisnis, untuk memulainya mungkin keberainan yang besar sudah cukup, tapi untuk membuatnya tetap berjalan & berkembang, diperlukan pengetahuan yang lebih dari sekedar cara untuk berjualan.

Disinilah seorang pebisnis harus mempunyai semangat yang tinggi untuk terus mempelajari hal-hal baru, baik yang berhubungan dengan bisnis, maupun hal-hal lain yang bisa mendukungnya.

Berhenti belajar, artinya kita sedang mempersiapkan pemakaman untuk bisnis yang sedang kita jalani.

  1. Kemampuan Yang Minim

Pengetahuan saja tidak cukup kalau kemampuan kita dalam berbisnis tidak pernah dilatih.

Sekali lagi kita ibaratkan bisnis adalah sebuah helikopter.

Jadi begini…

Kita bisa dengan mudah mencari tutorial (misalnya di youtube) bagaimana cara untuk menerbangkan helikopter. Ya, hanya dengan melihat tutorialnya saja, kita akan tahu bagaimana cara untuk menerbangkannya.

Tapi pertanyaannya adalah…

Apakah dengan mengetahui caranya, lantas kita mampu untuk melakukannya?

Belum tentu, karena kemampuan itu hanya bisa kita dapatkan dengan praktek / latihan yang berulang-ulang.

Jika kemampuan kita dalam menjalankan bisnis masih minim, maka satu-satunya cara untuk membuat kemampuan kita lebih matang adalah dengan melatihnya.

_____________

Untuk membangun kepercayaan diri, menambah pengetahuan & mematangkan kemampuan kita dalam berbisnis online memang tidak mudah jika semua dilakukan sendiri.

Berbeda halnya ketika kita melakukannya bersama-sama dengan Akademi Bisnis Digital (ABDi), maka ketiga hal tersebut tidak akan lagi menjadi kendala untuk mencapai keberhasilan di dalam menjalankan bisnis online.

Akademi Bisnis Digital (ABDi)

Akademi Bisnis Digital adalah tempat yang cocok untuk belajar bisnis online, terutama untuk orang-orang yang baru mau terjun ke dalam dunia online.

Banyak materi-materi tentang bisnis online yang bisa kita pelajari, mulai dari tingkat dasar sampai tingkat yang lebih expert.

Semua materinya disampaikan oleh praktisi bisnis online secara menarik dan mudah difahami, bahkan untuk orang-orang yang gaptek sekalipun.

Tidak hanya sekedar materi-materi saja, bahkan produk-produknyapun disediakan. Jadi jika kita belum punya produk sendiri, kita bisa mempraktekan ilmu-ilmunya dengan menggunakan produk-produk yang sudah disediakan oleh ABDi.

Untuk lebih jelasnya, kita bisa menonton video singkat yang ada di halaman review akademi bisnis digital ini.

_____________

“Orang gagal akan mempunyai banyak kendala, sedangkan orang sukses akan mempunyai banyak solusi”

Tinggalkan komentar