Gunakan Antiseptik untuk Kebersihan Lingkungan dan Kesehatan Kulit Bayi

Pengetahuan dan kesadaran penuh sangat diperlukan dalam merawat dan mengasuh bayi, apalagi pada hal – hal kecil yang berhubungan dengan bayi baru lahir. Bayi masih sangat rentan, sehingga sebagai orang tua kita harus sangat hati – hati dan memberikan perhatian penuh dengan perawatan kulitnya, asupan gizi dan pola tidurnya.

Banyak sekali masalah kulit pada bayi yang sering kita jumpai seperti jerawat, ruam, mengelupas dan lain sebagainya. Salah satu cara untuk mencegahnya adalah dengan menjaga bayi dan lingkungannya tetap bersih dan higenis dengan penggunaan antiseptik untuk bayi.

Berikut beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan kulit bayi:

1. Cairan antiseptik untuk bayi mandi

Ini adalah faktor utama yang harus dipertimbangkan, karena kulit bayi adalah bagian tubuh yang paling mudah terinfeksi pada lingkungan baru. Oleh karena itu, jauhkan bayi anda dari infeksi bakteri dengan memberikan satu atau dua tetes cairan antiseptik ke air yang akan digunakan untuk bayi mandi.

2. Menggunakan bedak atau lotion bayi antiseptik

Kulit bayi yang halus dan rentan, memungkinkan kulit bayi cepat kering dan iritasi. Karena itu menggunakan bedak atau lotion antiseptik untuk bayi yang ringan dan melembabkan sangat disarankan.

3. Penggunaan Tisu Antiseptik

Tisu bayi ini sangat penting karena anda akan sangat sering menggunakannya. Tisu yang mengandung antiseptik untuk bayi dapat digunakan untuk membasmi kuman dan bakteri yang mungkin bersarang pada mainan, telapak tangan, maupun celah-celah jari-jari kaki bayi.

4. Cairan antiseptik untuk mencuci pakaian bayi

Pakaian adalah hal penting yang harus diperhatikan dalam merawat kebersihan dan kesehatan kulit bayi, penting untuk kita mengetahui untuk memilih bahan atau material pakaian yang tepat dan cara merawat pakaian bayi untuk memastikan bahwa bayi tidak mengalami gatal dan iritasi.

Pakaian harus selalu dicuci dan direndam dalam air hangat kuku dengan ditetesi cairan antiseptik untuk bayi, pakaian bayi juga harus dicuci menggunakan sabun cuci khusus untuk bayi yang bebas dari bahan kimia halus.

Tinggalkan komentar