Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan, Kecantikan, Diet dan Wajah

Buah naga merupakan salah satu buah dari beberapa jenis kaktus dari kelompok Hylocereus dan Selenicereus. Buah ini berasal dari Meksiko, Amerika Tengah dan Amerika Selatan, namun sekarang sudah banyak dibudidayakan di negara-negara Asia terutama negara Taiwan, Vietnam, Filipina, Indonesia dan Malaysia.

Buah naga mempunyai 4 jenis warna yakni warna kuning, hitam, putih dan merah. Jika dilihat dari segi fisik buah ini memiliki ciri-ciri bentuk yang bersisik dan kulitnya berwarna merah muda, manfaat utama buah naga ialah untuk kecantikan, kesehatan, diet, ibu menyusui, ibu hami, dan wajah.

Meski buah ini bukan asli dari asia ataupun indonesia, tetapi kandungan yang terdapat didalam buah naga sangat luar biasa dan bahkan pada sebuah penelitian menganggap buah ini mampu memenuhi berbagai kebutuhan gizi dalam tubuh.

Pada satu buah naga diperkirakan terdapat lebih dari 20 jenis gizi penting diantaranya vitamin B1, B3, B12, C, air, protein, kalori, serat, mineral, antioksidan, kalsium, zat besi dan karbohidrat. Manfaat serta kandungan buah naga sangat baik dalam memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral yang diperlukan oleh tubuh, dan jika dikonsumsi setiap maka akan memberikan efek positif bagi kesehatan dan kecantikan tubuh kita.

Tidak dapat dipungkiri, saat ini buah naga sudah semakin populer di lingkungan masyarakat Indonesia, pasalnya cukup dengan mengkonsumsi buah ini dapat mengatasi berbagai penyakit hal itu, selain itu juga dipercaya mampu menjaga sistem kekebalan tubuh sehingga menjadikan tubuh anda lebih sulit terserang penyakit.

Setelah mengetahui penjelasan diatas, pastinya akan memberikan gambaran ataupun kesimpulan bahwa manfaat buah naga sudah tidak perlu diragukan lagi, akan keampuhannya.

Manfaat buah naga untuk kesehatan

Tidak perlu diragukan lagi, bahwa peran buah naga bagi kesehatan sangat diperlukan untuk memperkuat metabolisme dan daya tahan tubuh guna mencegah risiko terserang penyakit dan mengobati penyakit, berikut ulasannya:

1. Mencegah kanker

Kanker merupakan salah satu dari beberapa jenis penyakit yang paling ditakuti. Pasalnya, penyakit kanker paling umum bisa diketahui apabila telah menyebar, karena alasan itu penyakit ini sulit untuk di sembuhkan, sehingga penyakit ini menjadi momok menakutkan bagi setiap orang. Salah satu alternatif mencegah penyakit ini ialah dengan mengkonsumsi buah naga setiap hari.
Bukan tanpa alasan, didalam buah naga terdapat kandungan antioksidan phytoalbumin yang sangat banyak jumlahnya. Kandungan itulah yang berperan menangkal sel kanker dalam tubuh. tak hanya itu saja, buah naga juga mampu menegeluarkan berbagai macam jenis racun dalam tubuh.

2. Mencegah diabetes melitus

Selain kanker, diabetes Militus (DM) atau yang biasa dikenal sebagai penyakit gula juga bagian dari salah satu penyakit berbahaya yang menjadi momok menakutkan bagi manusia, faktor utama penyebabnya ialah pola hidup yang tidak sehat, dan kurang beraktiftas atau olahraga .nah buah naga adalah solusi terbaiknya. Faktanya, dengan mengkonsumsi buah naga secara rutin adalah solusi terbaik dalam mencegah sekaligus mengobati penyakit yang satu ini.

3. Mendukung progam diet
Buah naga merupakan salah satu buah yang tinggi akan kandungan protein, rendah lemak dan karbohidrat. Sehingga buah ini sangat bagus jika dijadikan sebagai pendukung program diet Anda agar lebih optimal. Selain bagus untuk pencernaan, buah naga juga dapat melancarkan BAB.

4. Menurunkan kolesterol
Manfaat lainya dari buah ini adalah menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Bukan tanpa alasan, pasalnya didalam buah naga terdapat kandungan vitamin B3 yang sangat tinggi.
Jika penderita kolesterol mengkonsumsi buah naga secara rutin setiap hari, tak hanya menurunkan kadar kolesterol bahwa akan membuat kolesterol dalam tubuh Anda tetap stabil.

5. Menyembuhan batuk dan asma
Meski batuk umumnya dianggap sebagai penyakit sepele. Namun siapa sangka, bagi sebagian orang menganggap penyakit ini bisa menyebabkan nafas terasa berat. Nah salah satu manfaat buah naga yaitu membantu meringankan nafas berat yang disebabkan oleh batuk batuk ataupun asma. Bukan tanpa alasan pasalnya buah naga kaya akan kandungan mineral didalamnya, maka tak heran bila penderita asma dan batuk sangat disarankan untuk mengkonsumsi buah ini.

6. Membantu pembentukan sel darah merah
Sel darah merah sangat dibutuhkan tubuh manusia untuk membawa oksigen dan zat-zat lainnya keseluruhan tubuh. Pembentukannya dapat dilakukan dengan bantuan vitamin B12 atau riboflavin, karena didalam buah naga terdapat kandungan vitamin B12 yang sangat tinggi, cukup mengkonsumsi buah naga akan membantu mempercepat pembentukan sel darah merah.

7. Kesehatan tulang
Buah naga kaya akan kandungan mineral seperti kalsium, fosfor, dan zat besi. Karena kandungan itulah menjadikan buah ini sebagai makanan sumber nutrisi yang baik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi pada tulang agar tetap sehat dan kuat bagi manusia.

8. Menjaga kesehatan usus
Manfaat buah naga untuk kesehatan lainnya ialah ketika anda mengonsumsi telalu banyak makanan, hal itu menyebabkan kerja usus akan menjadi berat. Nah peran buah naga yaitu untuk meringankan kerja usus dengan bantuan kandungan serat yang terdapat didalamnya. Karena alasan itulah menjadikan buah naga sangat baik untuk menjaga kesehatan usus.

9. Membantu pembentukan trombia dan protrombin
Protrombin adalah protein tidak stabil yang dibentuk dalam hati dan dapat dipecah menjadi senyawa yang lebih kecil, salah satunya trombin. Tinggi akan kandungan fosfor dan kalsium pada buah naga menjadikan buah ini bermanfaat sebagai katalisator untuk membantu pembentukan thrombin dan protombin dalam darah.

10. Mencegah serangan jantung
Selain baik untuk kesehatan usus, kandungan serat yang terdapat didalam buah naga mampu membantu mencegah inflamasi dan menurunkan tekanan darah yang merupakan faktor utama penyebab serangan jantung, dengan mengkonsumsi buah naga secara rutin akan minimalikan resiko serangan jantung.

11. Menetralkan tubuh dari racun yang masuk
Manfaat paling istimewa dari buah naga adalah mampu memimalisir rancun yang masuk kedalam tubuh. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mengkonsumsi buah naga setiap hari guna meningkatkan keefektifan dan penertralan racun dalam tubuh ataupun yang masuk kedalam tubuh.

Manfaat buah naga untuk kecantikan

Tek sekedar bagus untuk kesehatan tubuh, buah naga juga memiliki manfaat luar biasa untuk menjaga, merawat sekaligus mempercantik tubuh anda tanpa menimbulkan efek samping berbahaya:

1.  Mengandung vitamin yang baik untuk kulit
Didalam buah naga terdapat kandungan vitamin  C, E, B3, kandungan tersebut merupakan vitamin yang sangat baik untuk menutrisi kulit. Kulit merupakan bagian dari anggota badan yang paling luar dan paling sering bersentuhan langsung dengan dunia luar sehingga membutuhkan asupan nutrisi extra supaya kesehatan kulit senantiasa terjaga, sehat, cantik, dan mulus.

2. Untuk masker maupun lulur kulit
Masker alami merupakan salah satu perawatan kulit yang sukai oleh setiap pengguna seperti masker buah naga. Pasalnya, pengaplikasikannya yang lebih mudah dibandingkan dengan jenis perawatan lainnya.

3. Mencegah penuaan dini
Penuaan dini merupakan suatu istilah yang biasa digunakan sebagai gambaran wajah yang terlihat tua meski usia masih relatif muda. Penyebab utama terjadinya penuaan dini disebabkan oleh polusi udara yang terpapar pada kulit anda, pada saat melakukan aktivitas sehari-hari. Untuk mencegah sekaligus mengatasi hal tersebut, maka anda sangat disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang berantioksidan tinggi contohnya buah naga.

4. Mengatasi masalah jerawat
Jerawat merupakan gangguan kulit yang paling umum terjadi diusia pubertas dan biasanya muncul pada bagian kulit wajah berupa benjolan kecil berwarna merah, jika tidak segara diatasi denga tepat jerawat akan membesar dan tampak oleh mata, sehingga akan menurunkan kepercayaan diri. Untuk mengatasi hal tersebut Anda bisa memanfaatkan buah naga. Pasalnya kandungan Vitamin C dikenal sebagai vitamin paling ampuh sekaligus antioksidan alami yang membantu menyembuhkan jerawat.

5. Melindungi kulit
Manfaat buah naga untuk kecantikan lainnya ialah untuk melindungi kulit dari polusi dan paparan sinar UV / Matahari dengan diolah menjadi lotion atau lulur.

6. Mencerahkan kulit
Siapa sih yang tak menginginkan kulit cerah tanpa memikirkan efek samping? Yah, pastinya semua menginginkan hak itu. Buah naga bisa dimanfaat untuk mencerahkan kulit, pasalnya vitamin b3 didalamnya yang paling berperan penting. Untuk manfaat buah naga pada kulit, anda cukup menjadikan buah naga sebagai masker atau lulur pada kulit.

7. Membantu regenerasi kulit
Regenerasi kulit merupakan sauatu proses pergantian sel kulit yang telah mati dengan sel kulit baru. Manfaat dari penggunaan masker buah naga sangat efektif membantu proses regenerasi sel kulit menjadi lebih optimal terutama pada wajah.

8. Membantu pemulihan kulit yang terbakar matahari
Terlalu sering melakukan aktivitas di bawah sinar matahari, dapat menimbulkan efek yang tidak bagus pada kulit, apalagi lagi jenis kulit sensitif, hal itu akan menyebabkan kulit Anda terbakar dan berwarna merah. Sehingga kulit akan berubah warna, yang paling dominan ialah coklat sawo.
Seperti yang telah dijelaskan pada nomor 5, buah naga sangat efektif dalam melindungi dan membantu pemulihan kulit terbakar yang di sebabkan oleh paparan sinar UV, anda cukup memberikan nutrisi pada kulit dengan mengolah buah naga menjadi masker atau lulur pada kulit.

9. Membantu melembabkan kulit
Manfaat menggunakan masker / lulur buah naga setiap hari secara rutin adalah menjadikan kulit anda tetap lembab, sehingga kulit akan terhindar dari masalah kulit kering atau jenis masalah kulit lainnya.

Manfaat buah naga untuk ibu hamil

Tinggi akan nutrisi menjadikan buah naga sangat baik untuk kesehatan ibu hamil. Pasalnya nutrisi yang terkandung dalam buah naga mampu memenuhi kebutuhan tubuh diantaranya karbohidrat, protein, vitamin C, vitamin, B1, B2, B3, B12, serat, kalsium, fosfor, magnesium, zat besi, dan senyawa antioksidan, dengan mengkonsumsi buah naga pada masa kehamilan akan memberikan manfaat luar biasa, berikut ulasannya:

  1. Membentuk Sel Darah Merah
  2. Sumber Energi
  3. Membantu Petumbuhan Dan Perkembangan Janin
  4. Menghindari Dari BAB
  5. Meningkatkan Kekebalan Tubuh
  6. Membentuk Pertumbuhan Tulang Dan Gigi
  7. Menangkal Penyakit
  8. Menangkal Radikal Bebas
  9. Melawan Penyakit
  10. Menyerap Protein
  11. Menyempurnakan Indera Penglihatan Janin
  12. Mencukupi Gizi Selama Kehamilan
  13. Menghilangkan Dehidrasi
  14. Menghindarkan Dari Penyakit Tulang
  15. Mencegah Kelahiran Prematur
  16. Menyeimbangkan Metabolisme Sel
  17. Mengembangkan Sistem Syaraf Tulang Belakang
  18. Menghindari Penyakit Beri-Beri
  19. Menormalkan Tekanan Darah
  20. Menormalkan Gula Darah

Manfaat buah naga untuk diet

Pada saat menjalankan diet penurunan berat badan, Anda di tuntut untuk menjaga pola makan sebaik mungkin, untuk memenuhi nutrisi yang dibutuhkan oleg tubuh anda disarankan untuk memperbanyak konsumsi sayuran hijau dan buah, salah satunya yaitu buah naga.

Gizi penting antara lain zat fitonutrien, vitamin, dan mineral yang tinggi dapat membantu memaksimalkan program diet yang sedang anda jalankan. Tak hanya itu saja kandungan buah naga lainnya seperti antioksidan, vitamin C, asam lemak tak jenuh ganda, karoten, protein dan nol karbohidrat kompleks, Tiamin berguna membuat lambung mencerna makanan.

Sedangkan…

Kandungan fitokimia berperan menjaga kesehatan jantung pada saat menjalankan program ini. Maka dari itu sebaiknya anda menambahkan makanan ini kedalam menu diet.

Manfaat buah naga untuk ibu menyusui

Pada dasarnya, ibu menyusui memerlukan energi ekstra pada masa proses menyusui dan merawat bayi, untuk mengatasi hal tersebut ibu menyusui dianjurkan untuk mengonsumsi sayuran atau buah yang memiliki kadar kandungan kalori yang tinggi.

Kira-kira, butuh berapa banyak kalori pada saat ibu memberikan ASI pada bayinya? Umumnya, wanita dewasa membutuhkan energi sebanyak 2250 kalori per hari, sedangkan ibu menyusui membutuhkan kalori tambah sekitar 200 – 500, jadi sekitar 2500 atau 2700.

Sebenarnya, yang dibutuhkan ibu menyusui bukan sekadar tambahkan kalori. Pada masa menyusui, seorang ibu dianjurkan untuk memperhatikan kecukupan gizi dan nutrisi yang konsumsi. Pasalnya, asupan yang baik pada masa menyusui akan menentukan kualitas ASI yang dihasilkan.

Nah, disini peran buah naga dibutuhkan.
Selain tinggi akan kalori, buah naga juga memiliki beberapa kandungan penting yang nampu memenuhi kebutuhan nutrisi, sehingga ASI yang dihasilkan lebih berkualitas, berikut beberapa manfaat yang akan ibu menyusui dapatkan jika setiap hari secara rutin mengkonsumsi buah naga, antara lain:

  • Memberikan asupan vitamin, mineral dan karbohidrat, rendah lemak dan gula

Nutrisi seperti inilah yang sangat penting sabagai upaya menjaga kondisi kesehatan, menambah energi ketika si ibu menyusui.

  • Memberikan asupan serat dan air

Asupan ini tak hanya berguna memperlancar keluarnya asi, jika asupan serat dan air tercukupi, hal itu akan mengatasi beberapa masalah pencernaan pada ibu. Semakin lancar proses pencernaan, semakin berkualitas pula ASI yang dihasilkan.

  • Memberikan beta karoten dan vitamin A. 

Kedua kandungan tersebut sangat dibutuhkan ibu menyusui, pasalnya kandungan tersebut selain dapat membantu memperlancar dan memperbanyak produksi ASI, juga akan menjadikan mata bayi lebih sehat dan imunitas akan lebih tinggi.

Demikianlah informasi mengenai manfaat buah naga untuk kesehatan, kecantikan, ibu hamil & munyusui, diet, dan wajah, semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan anda.

Tinggalkan komentar