Pantai Kesirat Jogja Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta

Pantai Kesirat adalah salah satu pantai di jogja yang memiliki pemandangan eksotis dengan perpaduan antara tebing hijau dan birunya air laut, sehingga membuat pemandangan jadi lebih elok nan indah dinikmti mata.

Biasanya pantai itu identik dengan pasir dan ombak, namun di pantai kesirat ini anda tidak akan menemukannya, karena ciri khas dari pantai ini hanyalah berupa tebing hijau dengan sebuah pohon tua di pinggiran tebing.

Pohon tua tersebut dikenal dengan nama pohon Keben dan uniknya lagi, pohon ini merupakan satu-satunya pohon yang dapat Anda lihat di Pantai Kesirat karena tidak ada pohon lainnya lagi.

Letak pohon ini berada di pinggiran tebing yang berwarna hijau karena ditumbuhi rerumputan dan di tebing ini sobat dapat melakukan camping dengan mendirikan tenda.

Setelah membaca informasi ini mungkin anda akan membayangkan, kok bisa, pantai tidak ada pasir dan ombaknya?

Di kutip dari naswawisata, Pantai Kesirat merupakan pantai dengan tebing-tebing yang tinggi sebagai pembatas antara air laut dengan daratan.

Dulu lokasi ini hanya menjadi tujuan para pemancing, di atas tebing yang tingginya antara 15 hingga 30 meter. Namun seiring berjalannya waktu, lokasi ini di renovasi sehingga menjadi tujuan wisata yang menarik.

Pemandangan pantai kesirat ini akan lebih indah ketika sore hari menjelang malam atau saat terbenamnya matahari.

Alamat

Karang, Girikarto, Panggang, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55872, Indonesia

Harga Tiket Masuk

Mengunjungi pantai Kesirat adalah pilihan yang tepat untuk mengisi waktu liburan anda. Meski pemandangannya eksotis, tiket masuk ke pantai ini relatif murah yaitu:

Biaya Tiket Masuk : Rp. 5.000,- per orang
Biaya Parkir Motor : Rp. 2.000,-
Biaya Parkir Mobil : Rp. 5.000,-

Rute

Akses menuju Pantai Kesirat dari pusat kota Yogyakarta anda harus lewat jalan Wonosari – Pertigaan Lanud Gading – ambil kanan ke arah Kecamatan Playen – Kecamatan Paliyan – Hutan Sodong – Pertigaan setelah Telaga Namberan ambil kanan – Panggang – Balai Desa Girisekar – Sesampainya di Pohon Beringin besar ambil kanan ke arah Pantai Gesing – Pasar Pandhem ke arah kanan – Lurus sekitar 200 meter ada masjid di kiri jalan. Nah dari masjid tinggal masuk ke kiri saja melewati cor semen. Lurus ikuti jalan cor semen hingga menemukan pertigaan Pos Kamling. Dari pertigaan ambil lurus hingga menemukan jalan bercabang lalu ambil kanan. Dari sini cari jalan setapak yang melewati semak belukar dengan berjalan kaki sebentar Pantai Kesirat akan mulai terlihat.

Nb. Perlu sobat ketahui Jalan menuju Pantai Kesirat cukup berliku dan akses yang terbilang seadanya. Untuk mencapai lokasi tebing bibir pantai sobat harus berjalan kaki.

Obyek Wisata

Disetiap pantai tentu saja mempunyai sesuatu yang berbeda dengan pantai lainnya. Berikut ini obyek wisata yang dapat kamu lakukan di pantai Kesirat.

1. Pemancingan bernama Rock Fishing

wordpress.com

Sebuah tebing yang tingginya (sekitar 15 hingga 30 m) menjadi pusat perhatian para pengunjung pantai Gunung kidul ini. Tebing ini biasa dijadikan sebagai tempat rock fishing oleh para pemancing mania, baik warga lokal atau pengunjung dari luar daerah.

Anda bisa menyaksikan warga yang memancing ataupun ikut serta memancing dan mengumpulkan banyak ikan.

Baca juga: paket wisata jogja

2. Pemandangan eksotis saat terbenamnya matahari

Posisi pantai ini sangat tepat untuk melihat keindahan panorama sunset atau tenggelamnya matahari. Kebanyakan, pengunjung yang datang kesini saat sore hari dan menunggu panorama sunset tiba. Apalagi ditambah adanya pohon yang letaknya sangat strategis sehingga menambah kesan eksotis.

3. Keindahan alam yang berbeda dari pantai lainnya

Kabarwisata com

Jika berkunjung ke pantai ini saat cuaca cerah, Anda akan mendapatkan suguhan panorama alam yang lebih indah dari biasanya. Perpaduan antara langit biru, hijaunya vegetasi dari hamparan rerumputan, dan sebuah pohon, yang menjadi ikon dari pantai Kesirat ini.

4. Spot Foto

Bagi anda yang suka berfoto, tak perlu khawatir karena anda dapat menemukan spot foto yang cocok sebagai kenang-kenangan berlibur di pantai Kesirat ini. Sangking banyaknya spot untuk berfoto akan membuat Anda bingung dalam memilihnya. Tak jarang, pantai ini juga dijadikan sebagai pilihan foto-foto prewedding.

5. Berkemah

Di pantai ini tidak tersedia tempat untuk menginap seperti hotel maupun villa. Namun, Anda bisa mendirikan tenda jika ingin menginap disana. Di pantai Kesirat terdapat area yang cukup luas sehingga cocok digunakan untuk berkemah maupun camping.

6. Warung kuliner

Tak jauh dari pantai kesirat terdapat warung kuliner yang menyediakan menu makanan dan minuman khas dari daerah tersebut yang bisa Anda nikmati. Jadi Anda tidak akan kelaparan saat berada disana.

Tinggalkan komentar