Tips Agar Nyaman Naik Kereta Api Majapahit

Kereta Majapahit Ekonomi merupakan salah satu kereta ekonomi AC plus non subsidi. Oleh karena itu fasilitas yang disediakan lebih baik dibandingkan kereta ekonomi umumnya. Meskipun merupakan kereta kelas ekonomi, namun kereta ini menyediakan layanan terhadap penumpang disabilitas sehingga para difabel disambut ramah untuk menggunakan transportasi tersebut.

Kapasitas penumpang yang bisa ditampung dalam kereta ekonomi ini ada sekitar 80 kursi yang tersusun 2-2 serta 64 kursi untuk para difabel. Meskipun kursi yang disediakan merupakan kursi yang saling berhadapan dan tidak dapat direbahkan, namun hal ini sudah termasuk mewah mengingat kereta tersebut merupakan kelas ekonomi.

Untuk fasilitas katering, Anda bisa memesan sendiri makanan yang sudah disediakan di dalam kereta. Jendela kacanya juga telah ditambahkan dengan tirai dan lapisan laminasi isolator panas, sehingga penumpang tidak kepanasan. Ada pula toilet, alat pemadam api ringan, rem darurat, peredam suara serta AC di dalam kereta ekonomi tersebut. Jadi, Anda sudah bisa menikmati fasilitas sederhana tersebut hanya dengan memesan kereta ekonomi Majapahit.

Bagi Anda yang ingin melakukan perjalanan jauh menggunakan kereta ekonomi, maka bisa mencoba tips di bawah ini.

1. Pilih Kursi dan Gerbong yang Tepat

Agarperjalanan jarak jauh Anda tidak terlalu melelahkan, maka Anda harus memastikan terlebih dahulu telah memilih kursi dan gerbong yang tepat. Untuk posisi duduk memang tidak bisa diubah, namun ada baiknya jika Anda dari awal memilih posisi duduk maju dan searah dengan laju kereta.

Contohnyajika kereta jalan ke arah barat, maka Anda harus duduk dengan posisi menghadap ke arah barat pula.

Hal ini berguna bagi Anda yang ingin melihat beberapa pemandangan yang bagus dibalik jendela, selain itu pula posisi maju ini tidak akan membuat Anda terasa mual. Apabila Anda mendapatkan pilihan tempat duduk yang banyak, maka sebaiknya hindari duduk di dekat bordes atau lorong kereta. Posisi bordes biasanya dekat dengan toilet.

2. Tepat Waktu

Meskipun Anda menggunakan kereta ekonomi, datang tepat waktu merupakan suatu keharusan. Apalagi kereta ekonomi sekarang bukanlah kereta ekonomi yang dulu dikenal keterlambatannya. Kereta ekonomi saat ini sudah diatur dengan jadwal yang ketat dan padat sehingga mereka harus langsung bergerak jika sudah tiba waktunya. Oleh karena itu jika Anda datang terlambat ke stasiun, maka kereta sudah lebih dulu melaju. Sebaiknya datang ke stasiun 30 menit sebelum waktu keberangkatan karena jika Anda telat datang selama 5 menit saja, kereta akan meninggalkan Anda. Manajemen waktu seperti sudah harus diatur sedemikian rupa, karena Indonesia sedang dalam kondisi berbenah terutama dalam segi waktu. Jadi, jangan jadi pengulur waktu lagi.

3. Bawa Satu Tas

Ketika Anda melakukan perjalanan, baik itu perjalanan bisnis maupun wisata maka yang diperlukan adalah tas. Tapi Anda harus memilih untuk membawa tas yang bisa masuk semua barang bawaan Anda. Mengingat Anda memilih kereta ekonomi, maka tas yang dibawa tidak boleh lebih dari satu. Hal tersebut akan membuat Anda kesusahan karena harus ditempatkan di atas kabin. Kemudian, membawa tas lebih dari satu juga dapat memberatkan Anda sendiri, maka usahakan tidak membawa barang terlalu banyak, bawalah seperlunya saja.

4. Hindari AC Langsung

Meskipun Anda merasa terlalu gerah, namun jangan terlalu dekat dengan posisi AC atau pendingin udara. Hal tersebut akan membuat kulit Anda terlalu kering bahkan tidak nyaman karena masuk angin. Biasanya kereta ekonomi memiliki AC yang terbatas sehingga suhunya terkadang terlalu tinggi agar aliran udara dinginnya bisa menyusuri seluruh gerbong.

5. Pilih Posisi Dekat Jendela

Jika Anda adalah orang yang tertarik untuk melihat ke luar jendela ketika kereta melaju, maka pastikan Anda duduk di posisi dekat jendela. Perlu Anda ketahui bahwa perjalanan menggunakan kereta bisa menghabiskan waktu lebih dari enam jam tergantung lokasi tujuan Anda.bagi sebagian orang hal tersebut tentu membosankan sehingga butuh penyalur agar bosan tidak terlalu terasa.

Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk menggunakan kereta ekonomi Majapahit untuk perjalanan wisata maupun bisnis? Semoga penjelasan singkat di atas dapat menambah referensi bagi Anda.

Leave a Comment