Apa Yang Perlu Diperhatikan Jika Ingin Membuka Usaha Makanan

Saat ini bisnis kuliner menjadi usaha paling menggiurkan, pasalnya usaha memapu membantu meringankan pekerjaan rumah bagi mereka yang sibuk bekerja, maka tak heran jika akhir-akhir ini usaha di bidang kuliner berkembang dengan sangat pesat.

Buktinya, tidak sulit menemukan warung kuliner di manapun anda berada dan disetiap warung memiliki keberagaman baik harga, rasa dan juga kualitasnya.

Namun perlu diingat, menjalankan bisnis kuliner ini tidaklah gampang seperti yang sering di bincang-bincangkan. Tak sedikit pengusaha kuliner yang terpaksa harus gulung tikar karena tidak mempunyai strategi matang maupun antisipasi bila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pada bisnis kuliner mereka.

Agar bisnis kuliner dapat terus berjalan, anda harus memiliki koki yang handal dan juga konsep resto yang unik. Bila anda berminat menggeluti usaha dibidang kuliner, maka anda mengetahui beberapa poin dibawah agar bisnis kuliner anda berjalan dengan lancar tanpa hambatan berarti.

1. Modal awal usaha
Langkah awal memulai bisnis kuliner anda perlu menyediakan modal awal. Jika Anda tidak memiliki jumalah modal yang cukup, anda bisa mencari rekan yang bisa diajak kerja sama (investor), jika tidak kamu bisa meminjam di koperasi atau bank melalui penyaluran kredit usaha rakyat (KUR) untuk pelaku UKM.

2. Lokasi usaha
Sebelum menbujm warung kuliner, kamu harus pasikan tempat usaha yang akan anda bangun dikunjungi atau dilewati banyak orang. Saat menentukan lokasi usaha, anda juga perlu memperhitungkan modal yang akan dikeluarkan untui biaya sewa.

3. Menu andalan
Sebelum membuka warung kuliner, sebaiknya Anda memilih menu andalan yang paling banyak di minati oleh banyak orang, untuk mengetahui hal ini kamu dapat melakukan penelitian dengan membeli olahan di pasar atau warung pesaing. Pilihan men u tersebut harus disesuaikan dengan target pasar atau konsumen anda.

4. Pemasok bahan baku
Agar bisnis anda dapat berjalan dengan baik tanpa harus ada hambatan serius, anda perlu memiliki pemasok tetap yang dapat memasok semua bahan baku produksi setiap harinya.

Untuk mendapatkan harga bahan baku dengan harga yang relatif murah, kamu bisa mencarinya di pedesaan atau tangan pertama. Dan usahakan anda memiliki lebih dari satu pemasok sebagai alternatif bila pemasok yang satu tidak bisa menyediakan permintaan.

5. Sumber daya manusia (SDM)
Idealnya dalam menjalankan sebuah usaha, anda memerlukan karyawan yang terbagi dalam beberapa kelompok yaitu tukang masak, pelayan, dan kasir.

Jika usaha kuliner yang sedang kamu jalankan masih tergolong kecil, anda cukup merekrut seorang asisten yang bertugas mempermudah pekerjaan Anda. Dan jangan lupa, anda harus memerhatikan kesejahteraan karyawan dengan memberi gaji sepadan dan tepat waktu. Hal ini berdampak pada kestabilan semangat dan kesiapan kerja karyawan.

6. Target pemasaran
Meski warung kuliner Anda memberikan harga yang murah, jika tidak sesuai dengan selera konsumen ini bisa menjadi kendala yang justru akan membuat usaha kita terpaksa harus gulung tikar karena terus menerus mangalami kerugian.

7. Promosi yang tepat
Meski harga murah dan rasanya enak, jika tempat anda tidak banyak di lewati, itu menjadi percuma saja. Untuk mengatasi hal ini anda perlu melakukan promosi, bisa melalui dari mulut ke mulut atau dengan spanduk yang bisa dipesan melalui jasa desain brosur makanan. Jenis promosi seperti ini memiliki presentase keberhasilan yang cukup tinggi, sehingga patut untuk kamu mencobanya.

8. Perizinan usaha
Demi keamanan dan kenyamanan dalam menjalankan suatu usaha, anda harus pastikan sudah mengurus surat izin usaha (NPWP) dari instansi pemerintahan atau pihak berwenang setempat, mengurus perizinan ke Kementerian Kesehatan, bahkan kalau bisa mengurus sertifikasi halal untuk semua produk usaha Anda ke Majelis Ulama Indonesia (MUI).

9. Sikap dan perilaku
Dalam menjalankan suatu usaha sangat penting menjaga sikap maupun perilaku Anda saat berhadapan konsumen, semakin Anda ramah dan sopan maka akan semakin banyak konsumen yang berniat menjadi pelanggan Anda.

10. Berdoa
Selain usaha tanpa kenal lelah, kunci kesuksesan dalam menjalankan usaha lainnya yaitu berdoa.


Tinggalkan komentar