Cara Membeli Mobil Baru Agar Tidak Tertipu

Saat ini memiliki mobil adalah bukan hal yang luar biasa lagi, pasalnya membeli mobil kini bisa dengan dp (down payment) yang sangat minim untuk mendapatkan mobil baru di showroom. Sehingga, banyak masyarakat yang berlomba untuk memenuhi garasi rumahnya dengan mobil – mobil berbagai merk.

Walaupun membeli mobil dalam kondisi baru, tidak sedikit “oknum” sales – sales mobil yang sedikit nakal dengan tidak mengatakan yang sebenarnya kondisi dari mobil tersebut. Untuk menghindari hal tersebut ada baiknya anda untuk mempelajari seluk – beluk mengenai mobil yang akan dibeli. Nah, disini saya akan membagikan mengenai Cara Membeli Mobil Baru Agar Tidak Tertipu.

1. Pergilah Ke Showroom Resmi 

Dibandingkan membeli mobil dipameran, lebih dianjurkan untuk membeli di showroom resmi merk mobil yang ingin anda beli. Hal ini dikarenakan tidak sedikit orang karena kurang teliti uang yang akan dibayarkan dibawa kabur oleh “sales gadungan” yang berniat buruk. Kecurangan – kecurangan seperti ini sangat mudah dilakukan ketika berada dipameran. Pasalnya pengunjung yang hadir serta suasana ramai mampu mengelabuhi kita saat ingin membeli mobil di pameran.

Namun, ada tips bagi anda yang tetap ingin membeli di pameran yakni dengan selalu melakukan transaksi dikasir dan dengan meminta bukti pembayaran dp (down payment) yang resmi. Terkadang akibat terlalu bahagia dan terlalu percaya, transaksi dp dilakukan diluar kasir. Hal ini membuka kesempatan kecurangan oknum sales untuk membawa kabur uang dp.

2. Cari Tahu Seluk Beluk Mobil Yang Ingin Dibeli

Sebelum membeli sebaiknya untuk mencoba browsing di internet ataupun membaca spesifikasinya dimajalah – majalah mobil. Hal ini untuk mencegah kesalahan dalam membeli jenis mobil. Pasalnya, kasus kejadian seperti ini sangat sering dialami dikarenakan kurang telitinya dalam membeli mobil. Selain itu, jangan lupa untuk tahun pembuatannya juga dicatat. Pasalnya, biasanya mobil yang lebih muda memiliki spesifikasi fiture yang lebih komplit dan harga relatif yang lebih mahal.

3. Konsultasikan Dengan Dealer Resmi

Dalam membeli mobil anda tidak harus kekeh dalam satu merk saja. Konsultasikan dengan dealer di showroom yang anda kunjungi untuk mendapatkan mobil yang sesuai dengan kebutuhan. Minta rekomendasi terbaik dari dealer mengenai kebutuhan anda. Selain itu, jika sudah deal jangan ragu untuk melakukan nego harga. Tekan harga semurah mungkin agar mendapatkan nilai beli yang sesuai dengan kantong anda. Selain itu, anda juga bisa melakukan simulasi kredit mobil untuk mengira – ira biaya yang ahrus anda keluarkan untuk membeli mobi tersebut.

4. Melakukan Test Drive (Uji Coba)

Test Drive dilakukan dengan tujuan untuk mengecek kondisi mesin dan kenyamanan kendaraan dalam menyetir. Walaupun mobil dalam kondisi baru, terkadang juga terdapat rasa kurang nyaman dalam menggunakannya. Maka dari itu, dengan melakukan test drive anda bisa membatalkan pembelian dan menggantinya dengan merk yang lain sebelum melakukan pembayaran.

5. Cek Kondisi Mobil Secara Komplit Sebelum Transaksi

Cara Membeli Mobil Baru Agar Tidak Tertipu yang terhair adalah pengecekan komplit mobil yang akan anda beli. Kondisi fisik yang pertama yang harus anda cek, karena kodisi inilah yang bisa dilihat dengan indra pengelihatan. Selanjutnya anda melakukan cek difiture – fiture yang tersedia apakah berjalan dengan baik atau tidak.

Demikian ulasan mengenai Cara Membeli Mobil Baru Agar Tidak Tertipu, jangan terkecoh dengan istilah “baru”. Walaupun begitu, anda juga harus mengeceknya agar tidak menyesal dikemudian hari.

Tinggalkan komentar