Ini Dia Penyebab Datang Bulan Tidak Teratur

Haid yang tidak taratur menjadi salah satu masalah tersendiri bagi seorang wanita. Pasalnya memang haid yang tidak lancar menandakan bahwa sistem reproduksi seorang wanita sedang tidak normal. Sebenarya menstruasi dikatakan lancar atau tidaknya apabila siklus terjadi kurang dari 21 hari atau lebih dari 35hari. Kemudian menstruasi dapat dikatakan tidak lancar apabila lama dari menstruasi yakni selalu berubah-ubah dalam setiap bulanya. Selain itu volume darah yang tiak sama juga menandakan bahwa menstruasi juga tidak lancar. Memang terdapat beberapa penyebab haid tidak teratur yang tentunya perlu diketahui oleh seorang wanita.
Untuk normalnya, wanita memang mengalami haid yang tidak ancar pada masa-masa pertama ketika mengalami haid, namun ika sudah memasuki tahun-tahun berikutnya dan usia sudah diatas 20 tahun, itu baru bisa dikatakan haid tidak lancar. Nah berikut beberapa penyebab haid tidak lancar:

1. Menjelang masa menopause

Seseorang yang telah menjelang masa menopause biasanya juga mengalami haid yang tidak lancar. Hal ini disebabkan karena hormon estrogen dan juga progesteron yang ada di dalam tubuh menjadi tidak teratur.

2. Mengalami masalah penebalan dinding rahim

Nah penebalan dinding rahim yang tidak normal juga dapat menjadi penyebab mengapa haid tidak lancar. Iya penebalan dinding rahim tidak menstruasi dan juga merupakan masalah yang harus segera ditangani karena dapat berakibat cukup buruk.

3. Terjadinya masalah pada tiroid

Tiroid yang bermasalah juga mejadi penyebab haid tidak lancar. Pasalnya memang pada bagian leher terdapat kelenjar tiroid yang dapat memproduksi hormon yang dapat mengatur metabolisme pada tubuh. Dalam hal ini Anda dapat berkonsultasi denga dokter spesialis untuk segera dapat mengatasi masalahnya.

4. Pola hidup yang kurang sehat

Nah bagi Anda yang mengalami haid tidak lancar, cobalah ditinjau kembali apakah Anda sudah berada pada pola hidup yang sehat? Iya pola makan kurang teratur, kurangnya nutrisi dalam tubuh, berat badan tidak ideal, dan stres juga dapat menjadi penyebab haid tidak lancar.

Nah itu dia beberapa penyebab haid tidak teratur. Untuk itu pastikan Anda segera mengatasi masalah tersebut dengan baik.

Tinggalkan komentar