Keindahan Puncak Gunung Sindoro Jawa Tengah

Jawa Tengah tidak hanya dikenal dengan aneka tempat wisata yang mengagumkan. Namun salah satu provinsi di pulau jawa ini juga sangat dikenal dengan deretan gunung-gunungnya yang menjulang tinggi disertai panorama alam indahnya. Misalnya saja Gunung Sindoro yang menjadi primadonanya pencinta hiking.

Gunung Sindoro merupakan salah satu gunung yang sangat populer di Jawa Tengah. Bagi para pendaki, tentu sudah tidak asing lagi degan nama “sindoro/sundoro” ini. Bukan tanpa alasan, keindahan alam sekita hutan dan puncak gunung ini mampu menjadi mgnet tersendiri bagi para pencinta hiking.

Gunung Sindoro terletak tidak jauh dari tetangganya yaitu Gunung Sumbing. Dua gunung ini mendominasi dataran tinggi Dieng dan keduanya sama-sama dapat didaki dari desa Kledung di mana ada hotel bagus dan cukup populer disana.

Dari Kledung dibutuhkan waktu sekitar 5 – 6 jam ke atas dan dari Sigedang sedikit kurang 4 jam 4 jam untuk pejalan “cepat”. Dari tingkat kesuliat medan, Gunung Sindoro memiliki medan yang cukup mudah untuk didaki.

Saat berada di puncak, kamu dapat melihat keindahan keindahan pemandangan alam ke arah ke G Sumbing, Merapi, Merbabu, Ungaran, Slamet, dataran tinggi Dieng, Gunung Prau dan pantai utara Jawa.

Puncak Gunung ini memiliki danau kecil di bagian puncaknya, namun tidak ada sumber air di sekitar puncak. Jadi pastikan membawa air dan bekal sesuai kebutuhan.

Dari jalan utama di Kledung, ambil jalan berbatu yang mengarah ke utara di seberang Area Istirahat Kledung. Sulit untuk dilewatkan karena ini adalah belokan timur pertama dari hotel Kledung Pass. Jalan berbatu mengarah ke atas bukit sekitar satu mil. Banyak pendaki yang menggunakan ojek (ojek) pada jalur ini.

Selanjutnya rute mengarah ke atas melalui hutan pinus melewati sisa-sisa Pos 1 (1.761m), Pos Payungan (1.857m), melintasi beberapa jembatan kayu yang sangat kecil dan ke sisa-sisa tempat penampungan di Pos 2 (1.978). m).

Ada beberapa tempat yang baik untuk menikmati pemandangan Sumbing di seberang sisi lain dari Kledung Pass tetapi tidak sampai daerah camp area pertama (pos 3 pada 2.320 m).

Saat berada di sini vegetasinya sudah mula jarang. Jika ingin berkemah di mana saja selain di puncak (tidak disarankan saat ini), Pos 3 disarankan karena pemandangan selatan dan timur sangat spektakuler dan ada banyak ruang untuk tenda. Walau begitu, ada banyak tempat yang hany cocok untuk satu atau dua tenda sepanjang jalan.

Rute selanjutnya naik lebih tajam dan melewati bebatuan yang tersebar, terutama ‘batu tatah’ (pada 2.843m). Disini hanya ada sedikit tempat berteduh, jadi kondisinya cukup panas karena teriknya sinar matahari.

Setelah melewati rute di atas, selanjutnya kita akan sampai di puncak gunung sindoro yang mengagumkan. Keindahan alam dengan udara segar serentak akan menghilangkan rasa letih sepanjang perjalanan.

Sebenarnya ada dua kawah di puncak gunung ini. Yang satu lebih dalam dan yang dipenuhi air saat 2010, namun pada tahun 2014 tidak ada lagi air di kawah tersebut, namun banyak aktivitas fumarol).

Tinggalkan komentar